Beberapa Bahan Alami Yang Bisa Bermanfaat Menghilangkan Jerawat

header niko 728 x 90

lidah buaya

InspirasiBersama.com – Memiliki jerawat memang membuat kebanyakan orang merasa tidak nyaman. Apalagi kalau sampai menimbulkan bekas kehitaman yang bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang terutama wanita. Jika anda saat ini termasuk orang yang memiliki jerawat, jangan khawatir ada beberapa bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Dengan bahan yang alami maka tidak akan menimbulkan efek buruk bagi kulit kita.

 

Banyak orang yang memperlakukan jerawat dengan salah yang pada akhirnya membuat kondisi jerawat semakin parah. Tindakan tersebut bisa berupa memencet jerawat yang pada akhirnya menimbulkan bercak hitam atau jaringan parut yang sulit dihilangkan. Jangan lakukan hal-hal tersebut, anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami berikut untuk mengatasi jerawat dengan aman :

 

Lidah buaya

Jenis bahan alami pertama yang sangat bagus untuk menghilangkan jerawat adalah menggunakan lidah buaya. Caranya adalah manfaatkan gel lidah buaya untuk ditempelkan ke jerawat. Anda tidak perlu membilasnya. Jika jerawat anda tergolong parah, maka bisa menambahkan gel lidah buaya dengan dua tetes minyak pohon teh. Positifnya adalah mampu membuat kulit bekas jerawat lebih cerah.

Baca Juga  Ketahui Dampak Dari Suka Mengkonsumsi Mi Instan Super Pedas Pada Lambung

Es batu

Cara unik untuk menghilangkan jerawat secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Dinginnya es batu ternyata bermanfaat menghilangkan jerawat secara alami. Caranya adalah anda bisa mengambil es batu secukupnya, kemudian bungkus dengan menggunakan kain bersih dan tempelkan pada jerawat. Diamkan selama beberapa menit sampai terasa mati rasa pada kulit kita.

Dengan memberikan es batu yang sangat dingin, maka akan membuat kulit yang terkena jerawat menjadi lebih dingin dan menekan proses peradangan akibat jerawat. Selain itu untuk jerawat yang sampai menimbulkan kemerahan juga cukup efektif jika menggunakan terapi es batu ini.

Jus lemon

Ternyata jus lemon bisa bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dengan alami. Oleskan jus lemon ke kulit yang terkena jerawat, diamkan selama beberapa menit atau sekitar 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Dengan menggunakan terapi jus lemon, maka bisa efektif menghilangkan jerawat serta mampu memutihkan kembali kulit akibat bekas jerawat. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu lama mengoleskan jus lemon ke jerawat karena akan membuat rasa panas atau terbakar pada kulit kita.

Baca Juga  Bahaya Memakai Helm Sembarangan Bisa Memicu Munculnya Ketombe

Kayu cendana

Kayu cendana ternyata bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan mengambil satu sendok kayu cendana yang sudah dalam bentuk bubuk. Selanjutnya tambahkan beberapa tetes air mawar atau jika tidak ada ganti dengan menggunakan susu atau madu. Kemudian aduk campuran tadi sampai menjadi sebuah pasta. Selanjutnya anda tinggal mengoleskan adonan tadi ke kulit yang terkena jerawat. Lakukan pendiaman selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Baking soda

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan baking soda. Caranya ambil dua sendok baking soda, kemudian campurkan dengan dua sendok teh air. Selanjutnya aduklah sampai membentuk sebuah pasta. Setelah terbentuk pasta, maka sudah siap kita gunakan untuk mengoleskan ke jerawat. Oleskan dengan gerakan melingkar selama beberapa menit, kemudian bilas dengan menggunakan air yang bersih.

 

Kita tahu bahwa baking soda mempunyai sifat yang mampu membantu pengelupasan kulit sehingga efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Yang harus diperhatikan adalah, apabila ternyata setelah menggunakan bahan alami ini jerawat tidak kunjung hilang, maka hentikan penggunaannya dan periksakan ke dokter.

Baca Juga  Jangan Sepelekan Masalah Tulang Belakang Dengan Melakukan “Chiropractic”

Madu

Madu memang kita kenal dengan khasiatnya yang banyak bagi tubuh kita. Salah satunya adalah efektif untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat pada kulit. Oleskan madu ke jerawat atau bekas jerawat secukupnya. Gunakan madu yang alami karena bisa memberikan hasil yang lebih maksimal. Hal ini dikarenakan madu mempunyai sifat antibakteri, antiperadangan, melembabkan kulit sehingga sangat bagus bagi kulit.

Itulah beberapa cara alami yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan jerawat. Anda bisa mencobanya dirumah dengan memilih salah satu cara diatas. Semoga bisa bermanfaat dan jerawat kita bisa hilang dan kita akan terlihat lebih cantik dan menarik.

Artikel Terkait : Dampak Buruk Sering Memencet Jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *