Beberapa Alasan Mengapa Kita Harus Mengurangi Konsumsi Gorengan

header niko 728 x 90

gorengan

InspirasiBersama.com – Makanan yang digoreng memang bagi lidah orang Indonesia sangat menggugah selera. Tidak dapat dipungkiri kalau jenis makanan yang digoreng akan lebih nikmat. Selain itu memasak makanan dengan cara menggoreng juga menjadi hal yang sangat praktis dan cepat. Namun dibalik itu semua, ada banyak alasan mengapa kita harus mengurangi konsumsi gorengan demi alasan kesehatan.

Memang menghindari jenis makanan yang digoreng tidaklah mudah. Hal ini disebabkan karena hampir semua makanan yang kita konsumsi melalui proses penggorengan. Meskipun demikian setidaknya kita bisa mengurangi konsumsi jenis makanan gorengan ini.

Baca Juga  Perut Buncit Bisa Disebabkan Oleh Beberapa Hal Berikut Ini

Berikut beberapa alasan mengapa kita harus mengurangi konsumsi gorengan :

– Alasan pertama kita harus mengurangi konsumsi makanan yang digoreng adalah karena jenis makanan ini kaya akan kandungan lemak dan kalori yang kurang baik bagi kesehatan. Jenis lemak yang terkandung juga tergolong lemak yang tidak sehat yang berdampak buruk bagi kesehatan jantung dan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah kita.

– Tahukah kita bahwa menggoreng makanan bisa berdampak pada berkurangnya kadar nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut. Contohnya adalah kentang yang melalui proses pemanggangan mengandung 220 kalori dan lemak yang hanya 1 gr saja. Namun saat kentang kita goreng, maka kalorinya akan meningkat menjadi 700 kalori dan lemak juga meningkat sebanyak 34 mg.

Baca Juga  Penyebab Program Bayi Tabung di Indonesia Terus Meningkat

– Saat kita membeli makanan yang digoreng, maka sering kali kita melihat para penjual yang jarang mengganti minyak goreng meskipun sudah dilakukan penggorengan berulang kali. Perilaku yang seperti ini akan memicu munculnya lemak trans yang berpotensi menimbulkan serangan jantung.

– Alasan terakhir yang mengharuskan kita untuk mengurangi konsumsi makanan yang digoreng adalah disebabkan karena ada banyak resiko penyakit yang disebabkan karena makanan yang digoreng. Diantaranya adalah jenis penyakit kanker payudara, gangguan pankreas,obesitas, kanker mulut, serangan jantung, hipertensi dan stroke.

Baca Juga  3 Cara Meningkatkan Kesuburan di Usia 30 Tahun

– Selain alasan yang telah disebutkan tadi, konsumsi makanan yang digoreng juga kerap menyebabkan batuk dan radang pada tenggorokan.

Artikel Terkait : Apa Bahayanya Jika Sering Konsumsi Makanan Yang Asin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *