Beberapa Akibat Yang Disebabkan Karena Sering Melewatkan Sarapan

header niko 728 x 90

lemas karena tidak sarapan

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa sarapan sangat penting bagi kesehatan kita. Ada beberapa akibat yang disebabkan karena sering melewatkan sarapan. Apalagi bagi kita yang setiap harinya harus banyak melakukan aktivitas, maka sarapan memiliki peranan yang sangat penting. Jika anda sedang diet, sarapan pagi tetap disarankan.

Banyak orang yang tidak melakukan sarapan pada pagi hari disebabkan karena diet. Hal ini adalah salah besar. Berdasarkan hasil studi menyebutkan bahwa justru dengan menunda atau tidak melakukan sarapan akan membuat kita terdorong untuk konsumsi banyak makanan pada siang hari dan memicu peningkatan berat badan.

Karena saking pentingnya sarapan, berikut beberapa akibat yang disebabkan jika kita sering melewatkan sarapan pagi :

1. Kelaparan
Dampak buruk pertama yang akan kita alami jika melewatkan sarapan pagi adalah akan merasa kelaparan. Ini adalah hal yang normal terjadi karena tidak ada makanan yang masuk pada perut kita. Biasanya bukan hanya lapar saja yang akan kita alami, sering juga disertai dengan kepala pusing dan perasaan ingin marah meningkat.

Baca Juga  Mengapa Anak Penting Untuk diajak Jalan-jalan ?

2. Tidak berenergi
Bagi anda yang bekerja pada pagi sampai sore hari, jika anda tidak sarapan maka menyebabkan badan kita menjadi lemas tak bergairah. Hal ini membuat aktivitas kita menjadi menurun dan berdampak buruk bagi pekerjaan kita kedepan.

3. Sulit konsentrasi
Akibat ketiga jika kita sering melewatkan sarapan pagi adalah akan mengalami sulit konsentrasi. Tidak terbayang jika seorang pelajar yang harus menerima banyak ilmu disekolah namun karena tidak sarapan menjadi menurun kemampuan konsentrasinya yang membuat nilai akademik akan menurun.

Baca Juga  Tips Mengatasi Perasaan Yang Suka Mengeluh

4. Makan siang berlebihan
Makan siang berlebihan merupakan dampak buruk jika kita sering melewatkan sarapan pagi. Bagi anda yang menjalankan program diet, maka hal ini sangat dihindari karena bisa meningkatkan berat badan. Bahkan berdasarkan sebuah hasil studi, menunda atau melewatkan sarapan akan membuat kita makan dalam porsi besar pada siang hari, banyak ngemil dan condong konsumsi makanan yang tidak sehat.

 

5. Mengganggu kualitas tidur
Dampak buruk melewatkan sarapan pagi akan berdampak secara maraton sampai pada terganggunya kualitas tidur kita. Karena kita tidak melakukan sarapan pagi, maka kita akan memulai makan pada siang harinya. Hal ini akan memicu jadwal makan malam kita menjadi mundur sehingga mendekati waktu tidur. Kondisi ini akan menyebabkan jadwal tidur molor dan tidur menjadi kurang berkualitas.

Baca Juga  Solusi Hidup Sehat Alami

6. Berat badan tidak turun
Meningkatnya berat badan menjadi dampak buruk apabila kita sering melewatkan sarapan pada pagi hari. Makan dalam porsi besar pada siang hari, keinginan ngemil terus, dan makan malam yang tertunda berimbas pada berat badan kita tidak turun, malah cenderung naik.

Artikel Terkait : Manfaat Sarapan Pagi Bisa Mencegah Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *