Bayi Yang Sering Menghisap Jari, Akan Mengalami Keterlambatan Bicara

header niko 728 x 90

kebiasaan menghisap jariTahukah kita bahwa kebiasaan sering menghisap jari pada bayi bisa menyebabkan kemampuan bicara menjadi lambat. Hal ini telah di teliti oleh peneliti dari University of Colombia, Kanada. Apa penyebabnya ? karena seorang bayi membutuhkan lidah yang terbebas dari sesuatu yang menghambat dia untuk belajar berbicara.
Menurut seorang Professor Janet Werker menyebutkan bahwa seorang bayi yang sering diberikan empeng akan mengalami kesulitan memahami dan menggunakan bahasa.

Baca Juga  Ternyata Mengalami Stres Ringan Bagus Untuk Kesehatan Otak

 
Eksperimen ini telah dibuktikan dengan mengikutkan bayi-bayi dengan usia enam bulan. Kemudian bayi-bayi ini diperdengarkan dua jenis pengucapan huruf ā€œdā€ yang berasal dari bahasa hindi dan melihat reaksi para bayi apakah mereka bisa mengenali perbedaannya. Para bayi yang diberikan empeng ternyata tidak menunjukkan tanda-tanda mengerti, tetapi saat empeng dilepas maka ada perbedaan respon yang diperlihatkan sang bayi.

 
Menurut Janet, seorang bayi yang mempunyai kebiasaan empeng dan menghisap jempol akan menghambat motorik mulutnya untuk belajar bicara. Menurutnya ada kaitan antara kemampuan motorik mulut bayi dengan persepsi ucapan serta pendengaran.

Baca Juga  Ini Dia Tanda Kalau Kita Menderita Penyakit Malas

 
Meskipun menurut penelitian seperti itu, salah seorang dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Luh Wahyuni SpKFR (K) mengatakan sebagai orang tua bukan berarti harus melarang total kebisaan bayinya menghisap jari. Stimulasi dari kegiatan menghisap jari pada bayi juga mempunyai efek positif tetapi dalam waktu yang tidak berlebihan.

Baca Juga  Manfaat Vitamin C Dosis Tinggi Dalam Membunuh Sel Kanker

 

Artikel Terkait : Tips Menghentikan Kebiasaan Menghisap Jari Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *