Batasan Mengkonsumsi Telur Dalam Seminggu

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Batasan mengkonsumsi telur dalam seminggu. Makanan yang sering dijadikan lauk oleh sebagian besar masyarakat ini memang mempunyai rasa yang enak. Tak heran  jika telur menjadi menu lauk yang sangat digemari banyak kalangan mulai anak-anak sampai orang dewasa. Namun dibalik itu semua, tak sedikit orang yang khawatir jika terlalu banyak konsumsi telur bisa memicu tingginya kadar kolesterol dalam darah.

sumber : detik.com – takaran mengkonsumsi telur dalam seminggu

Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa banyak kita boleh mengkonsumsi telur dalam seminggu ?. Dalam sebuah kutipan yang berasal dari Womens Health Mag menyebutkan bahwa mengkonsumsi telur sebanyak 8 sampai 12 butir dalam seminggu masih dianggap wajar secara kesehatan. Ini artinya bahwa mengkonsumsi 2 butir telur dalam sehari masih terbilang aman. Namun sayangnya banyak orang menambahkan banyak tambahan pada olahan telur seperti daging atau keju sehingga memicu peningkatan jumlah kalori yang bisa menyebabkan resiko peningkatan berat badan.

Baca Juga  Mengatasi Rambut Rontok Dengan Menggunakan Daun Pandan

Kolesterol dalam telur

Banyak orang khawatir mengkonsumsi telur yang dikaitkan dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi. Dalam sebuah butir telur berukuran besar ternyata mengandung kolesterol sebanyak 186 mg. Banyak kalangan dengan jumlah segitu akan mempengaruhi kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

Tahukah kita bahwa berdasarkan pendapat American Heart Association menyebutkan bahwa peningkatan kolesterol pada tubuh lebih utama disebabkan karena asupan makanan yang kaya kandungan lemak jenuh dan bukan karena makanan yang kaya kandungan kolesterol. Oleh karena itu para pakar kesehatan lebih menyarankan untuk membatasi konsumsi lemak jenuh harian. Sebaiknya anda menguranginya sebanyak 13 gram saja.

Baca Juga  Beberapa Gejala Anak Yang Mengalami Gangguan Kecemasan

Berbicara tentang kandungan lemak jenuh dalam telur, maka dalam sebuah butir telur akan mengandung 1,6 gram lemak jenuh. Namun jika anda memasak telur dengan cara yang salah seperti menggunakan minyak yang sudah pernah digunakan atau dicampur dengan daging atau keju, maka tentu kandungan lemak jenuh ini akan meningkat.

Itulah penjelasan tentang batasan mengkonsumsi telur dalam seminggu yang perlu kita perhatikan. Yang tak kalah penting adalah cara mengolah telur yang benar sehingga tidak membuat kandungan lemak jenuhnya meningkat yang bisa memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga  Benarkah Menarik Nafas Dalam-dalam Dapat Menenangkan Diri?

Artikel Terkait : Kandungan Kalori Pada Putih Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *