Batasan Konsumsi Gula Bagi Seorang Anak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Seperti halnya orang dewasa, anak juga mempunyai batas sehat mengkonsumsi gula. Jangan biarkan seorang anak mengasup terlalu banyak gula yang bisa memicu obesitas dan diabetes pada anak.

 

Untuk menghindari hal ini, maka sebuah badan yang bernama American Heart Association menyarankan kepada para orang tua untuk tidak memberikan gula kepada anak yang berusia 2 sampai 18 tahun melebihi enam sendok teh dalam sehari.

batasi-asupan-gula-pada-anak

sumber gambar : http://pojoksatu.id/

Enam sendok teh sehari adalah batas maksimal yang boleh dikonsumsi oleh anak yang berusia 2 sampai 18 tahun. Kalau dikalkulasi ada sekitar 100 kalori atau sekitar 25 gram gula.

Baca Juga  Tips Mencegah Anak Agar Tidak Ketagihan Junk Food

 

Menurut para pakar kesehatan anak mengatakan bahwa kebiasaan suka mengkonsumsi makanan manis pada anak bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, peningkatan kadar kolesterol, peningkatan lemak yang apabila dibiarkan akan menyebabkan gangguan jantung dan penyakit hati.

 

Menyikapi hal yang demikian, maka orang tua mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjaga pola makan anak tetap sehat. Seorang anak akan cenderung makan apa saja yang menurutnya menarik misalnya makanan yang manis.

Baca Juga : Inilah Deretan Makanan Yang Bisa Menyebabkan Anak Kita Gemuk

 

Sebelumnya banyak para orang tua yang masih kebingungan tentang urusan makanan manis pada anak, berapa banyak konsumsi gula yang dibolehkan bagi seorang anak ? Namun setelah membaca artikel ini anda sudah mempunyai gambaran tentang asupan gula yang dibolehkan bagi seorang anak.

Baca Juga  Konsumsi Buah Ini Bisa Membuat Badan Sehat dan Langsing

 

Memang dampak buruk dari pola makan tinggi gula pada anak tidak akan langsung tampak. Namun kondisi ini akan berdampak buruk dalam jangka panjang pada saat anak remaja atau dewasa kelak. Berbagai masalah jantung akan mengintai anak.

 

Terlebih lagi sekarang ini banyak sekali jenis makanan yang menggunakan tambahan gula non alami. Tentu hal ini akan menambah efek buruk mengkonsumsi makanan manis tersebut.

Baca Juga  Bakteri Bisa Bersembunyi Pada Botol Minuman

 

Ada banyak sekali jenis jenis makanan anak yang mengandung gula. Jenis makanan yang paling sering dikonsumsi anak adalah permen. Disamping berdampak buruk bagi kesehatan, sering makan permen juga menyebabkan masalah mulut dan gigi pada anak.

Artikel Terkait : Bahaya Jika Anak dibiarkan Dalam Kondisi Obesitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *