Banyaknya Tumpukan Lemak di Perut Membuat Otak Kita Cepat Tua

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa mempunyai tumpukan lemak yang berlebih atau buncit pada bagian perut, bisa membuat otak kita cepat tua. Artinya adalah kemampuan otak kita akan lebih cepat menyusut.

 

Pernyataan ini bukan tanpa alasan, hal ini sudah dilakukan sebuah penelitian yang hasilnya sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Neurobiology of Aging. Dalam studi tersebut mengungkapkan adanya kaitan yang erat antara lemak dengan otak manusia.

bahaya-tumpukan-lemak

sumber gambar : Disehat.com

Dalam studi kali ini para peneliti telah melibatkan sebanyak 527 orang yang mempunyai berat badan yang berlebih atau obesitas. Untuk menentukan orang tersebut obesitas, para peneliti menggunakan patokan skala Body Mass Index (BMI). Mereka yang mempunyai skala lebih dari 25 maka dikategorikan dalam kelompok obesitas.

Baca Juga  Apa Saja Penyebab Kulit Kita Terlihat Cepat Tua

 

Dari hasil penelitian tersebut didapatkan data bahwa mereka yang tergolong obesitas ternyata memiliki white matter atau materi putih pada otak yang jumlahnya lebih sedikit. Fungsi dari white matter ini disini adalah sebagai jaringan penghubung pada otak. Jaringan ini juga erat kaitannya dengan fungsi memori otak.

Baca Juga : Sering Konsumsi Makanan Yang Berlemak Bisa Menyebabkan Kecanduan

 

Secara alamiah, white matter ini akan terus mengalami perkembangan sejak manusia lahir sampai pada usia 40 tahun. Setelah usia 40 tahun biasanya akan mengalami penurunan. Oleh karena itu mereka yang mengalami gangguan ingatan kerap di alami pada usia 40 tahun ke atas.

Baca Juga  Lakukan Rutin Olahraga Untuk Memperkuat Memori Otak

 

Penurunan white matter yang terjadi pada usia 40 tahun terjadi secara alamiah karena faktor penuaan. Namun bagi mereka yang tergolong obesitas dan banyak penumpukan lemak dalam perut akan mengalami penurunan yang lebih cepat atau menua lebih cepat.

 

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Alasannya adalah karena saat banyak tumpukan lemak dalam tubuh, maka secara alami akan mendorong produksi protein yang bisa menyebabkan efek peradangan. Protein tersebut dinamakan sitokin. Nah protein sitokin inilah yang punya kemampuan untuk merusak fungsi otak kita.

 

Penelitian ini bukan yang pertama kali untuk meneliti keterkaitan antara lemak dengan fungsi otak manusia. Dalam studi sebelumnya juga menyebutkan kalau lemak erat kaitannya dengan resiko dimensia atau penurunan ingatan.

Baca Juga  Inilah Penyebab Nyeri Kepala Saat Menstruasi

 

Untuk menghindari penurunan fungsi otak lebih cepat, maka sebaiknya kita menghindarkan untuk tidak banyak tumpukan lemak dalam tubuh kita. Lakukan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat. Dan yang terakhir adalah jangan lupa untuk rutin berolahraga untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Artikel Terkait : Penyebab Tumpukan Lemak Pada Perut Selain Makan Berlebihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *