Banyak Sumber Radiasi disekitar Kita Yang Mempunyai Efek Pada Kesehatan

header niko 728 x 90

radiasi disekitar kita

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa ada banyak sumber radiasi disekitar kita yang tanpa kita sadari setiap hari kita terpapar. Kebanyakan dari radiasi ini tidak kasat mata atau tidak terlihat oleh mata biasa. Secara umum radiasi dalam jumlah yang cukup mempunyai manfaat, namun jika ternyata radiasi yang dihasilkan terlalu besar dan sering maka bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan kita.

Apa sih sebenarnya yang disebut dengan radiasi ? Secara umum radiasi merupakan bentuk pelepasan dari suatu energi. Pelepasan energi ini bisa berasal dari sejumlah pertikel yang berbentuk sinar. Salah satu contohnya adalah matahari yang menjadi sebuah sumber energi yang berupa partikel dan dalam bentuk cahaya.

Baca Juga  Penderita HIV Terbanyak Adalah Ibu Rumah Tangga.

Ada dua tipe radiasi:

1. Radiasi non-ion
Jenis radiasi yang pertama adalah non-ion. Radiasi ini biasanya dalam bentuk gelombang, seperti gelombang radio dan suara. Radiasi dalam bentuk non-ion ini biasanya menggunakan beberapa alat seperti ponsel, radio, microwave dan mesin ultrasound.

Bentuk radiasi non-ion ini mempunyai sebuah spektrum elektromagnetik yang terbilang rendah. Jika kita mendapatkan radiasi ini dalam jumlah yang besar, maka efeknya bisa berbahaya bagi kesehatan. Namun tipe radiasi non-ion ini tidak bisa merubah molekul kimia dalam tubuh manusia.

Baca Juga  Dampak Buruk Penis Bengkok Bisa Menyebabkan Gagal Bercinta

2. Radiasi ion
Tipe radiasi yang kedua adalah ion. Radiasi ini biasanya bersifat alami seperti cahaya dari matahari dan bintang dan beberapa elemen dari tanah. Namun ada juga radiasi ion yang dibuat oleh tangan manusia seperti sinar rontgen, CT-Scan dan beberapa radiasi yang biasa ditemui bagi penderita kanker.

Radiasi tipe ini masuk dalam kategori mempunyai frekuensi yang tinggi dan cukup kuat untuk membelah sebuah atom dan mampu merubah molekul kimia. Jika radiasi ini masuk dalam tubuh manusia, maka efeknya bisa merubah sebuah DNA yang contohnya pada terapi radiasi pada penderita kanker. Namun jika ternyata kita mendapatkan paparan radiasi dalam dosis yang terlalu tinggi, maka efeknya akan berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu sangat penting untuk mengatur jumlah radiasi yang diberikan.
Artikel Terkait : Bahaya Menaruh Ponsel Pada Celana dan Saku Dada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *