Banyak Orang Yang Tidak Menduga Dirinya Mengalami 5 Gejala Awal Diabetes

header niko 728 x 90

waspada gejala awal diabetes

InspirasiBersama.com – Kebanyakan orang mengenal gejala awal dari diabetes tipe 2 biasanya ditandai dengan seringnya buang air kecil, sering makan dan sering minum saja. Padahal ada 5 gejala awal diabetes yang banyak orang tidak pernah menduga sebelumnya.

Diabetes saat ini menjadi penyakit yang bagaikan jamur yang tumbuh pada tempat lembab. Bagaimana tidak angka penderita diabetes di Indonesia sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor mulai dari pola makan yang tidak sehat sampai gaya hidup yang juga tidak sehat. Oleh karena itu untuk mewaspadai gejala awal munculnya diabetes kita harus mengetahui gejala awal yang tak terduga yang biasanya terjadi. Diantaranya adalah :
1. Perubahan pada kulit
Salah satu gejala awal diabetes yang banyak orang tak menyadari adalah adalah adanya perubahan warna pada kulit. Apabila anda mengalami perubahan yang tak wajar pada kulit anda misalnya menjadi lebih gelap, bersisik pada daerah lipatan, maka anda harus mewaspadai perubahan tersebut sebagai gejala awal diabetes.

Bahkan menurut seorang dermatolog yang berasal dari Maryland yang bernama Sanjiv Saini, MD mengatakan saat ada beberapa pasien yang datang dengan perubahan warna kulit, maka saya tetap mencurigai pasien tersebut mengalami peningkatan kadar gula darah dan dia selalu melakukan cek gula darah.

Baca Juga  Sering Makan di Rumah Ternyata Bisa Mencegah Diabetes

Saat seseorang mengalami peningkatan kadar gula darah, maka akan membuat sel-sel kulit dan melamin mengalami perubahan. Disamping itu pigmen pada kulit juga akan memunculkan bercak hitam. Untuk itu sangat penting melakukan cek gula darah untuk mengetahui seseorang mengalami diabetes atau tidak. Untuk mengatasi hal ini langkah yang harus dilakukan adalah diet yang mampu menurunkan berat badan sehingga mampu membuat kadar gula darah menjadi normal kembali.

2. Penglihatan menjadi lebih tajam tanpa sebab
Bagi anda yang sebelumnya mengalami mata minus dan memakai kaca mata. Maka anda harus mewaspadai saat terjadi membaiknya penglihatan secara mendadak sehingga anda sesaat tidak perlu menggunakan kaca mata lagi. Jika hal ini pernah terjadi maka anda harus waspada bisa jadi menjadi gejala awal diabetes.

Perlu diketahui bahwa gejala awal diabetes tidak hanya mengalami penurunan fungsi penglihatan mata saja, namun bisa terjadi sebaliknya yaitu membaiknya penglihatan yang bisa terbilang sangat cepat dan mendadak.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? hal ini terjadi karena saat seseorang mengalami diabetes, maka akan ada pergeseran cairan tubuh yang meliputi cairan pada mata kita. Sehingga membuat penglihatan mata kita mengalami perubahan.

Baca Juga  Ini Yang Terjadi Akibat Kurang Tidur

3. Gatal yang tak kunjung reda
Penderita awal diabetes juga kerap mengalami rasa gatal yang berlangsung terus-menerus. Hal ini dikarenakan kondisi diabetes menyebabkan sirkulasi darah mengalami banyak gangguan sehingga membuat kulit kita menjadi gatal dan kering.

Menurut seorang profesor kedokteran dari divisi diabetes yang berasal dari Vanderbilt University mengatakan ada banyak pasien diabetes yang datang melakukan pemeriksaan yang mengalami gejala awal rasa gatal yang terus-menerus pada bagian tangan, betis dan kaki.
4. Pendengaran berkurang
Apabila saat ini anda merasa pendengaran mengalami penurunan fungsi yang tidak jelas penyebabnya, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter dan mintalah untuk dilakukan cek gula darah. Karena bisa jadi anda mengalami peningkatan kadar gula darah.

Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health yang menyatakan bahwa sering mengalami gangguan fungsi pendengaran, bisa jadi itu adalah gejala awal anda mengalami peningkatan kadar gula darah atau diabetes.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Mata Menjadi Berkantung

Menurut para peneliti, menurunnya fungsi pendengaran pada kasus penderita diabetes disebabkan karena saat seseorang mengalami diabetes maka pembuluh darah dan saraf pendengaran akan bisa mengalami gangguan.
5. Mendengkur lebih keras
Tahukah kita bahwa hampir setengah dari penderita diabetes mempunyai kebiasaan atau masalah pada pola napas yang ditandai dengan munculnya dengkuran saat tidur.

Jika saat ini anda sering mengalami gejala mendengkur saat tidur,  kemudian sering merasa ngantuk pada siang hari, maka sangat disarankan bagi anda untuk melakukan pemeriksaan cek gula darah.

Bahkan berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada menyebutkan bahwa mereka yang mengalami mendengkur saat tidur maka 23% orang tersebut akan mengalami diabetes lima tahun ke depan.

Artikel Terkait : Dampak Kadar Gula Darah Tinggi Bisa Merusak Organ Seksual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *