Banyak Orang Yang Tak Menyadari Adanya Gejala Glaukoma

header niko 728 x 90

gejala glaukoma

InspirasiBersama.com – Glaukoma merupakan penyakit mata yang sangat berbahaya yang bisa menyebabkan kebutaan. Bahkan glaukoma menempati urutan ke dua penyakit mata yang yang menyebabkan kebutaan. Penyebab kebutaan pertama yang sering terjadi disebabkan oleh katarak. Tetapi kalau katarak bisa diatasi dengan melakukan operasi. Dan setelah operasi sudah bisa kembali melihat. Meskipun glaukoma sangat mengancam penglihatan, banyak orang yang tidak menyadari adanya gejala glaukoma.

Pada kasus glaukoma tidak bisa disembuhkan dengan operasi seperti halnya pada katarak. Hal ini disebabkan glaukoma dapat merusak saraf mata, sehingga tindakan operasi tidak bisa menyembuhkan saraf mata yang telah rusak.

Agar kita terhindar dari penyakit glaukoma, maka kita harus mengetahui sejak dini tanda dan gejala glaukoma. Dengan kita mengetahui tanda dan gejala awal penyakit glaukoma, maka kita bisa melakukan penanganan sedini mungkin sehingga angka kesembuhan juga tinggi.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Berat Badan Tidak Kunjung Turun Walaupun Rajin ‘Nge-gym’.

Bahkan menurut seorang dokter spesialis mata yang bernama dr Ikke Sumantri mengatakan banyak kasus glaukoma yang tidak terdapat gejala yang berarti sehingga membuat penderita tidak merasakannya. Misalnya pada kasus glaukoma sudut terbuka. Glaukoma jenis ini lebih disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Gejalanya seakan-akan melihat terowongan.

Pada kasus glaukoma sudut tertutup biasanya memunculkan gejala yang lebih terasa, seperti adanya nyeri berat pada mata, pandangan menjadi kabur, sering merasa pusing, mual dan muntah. Saat kita melihat dengan kasat mata akan terlihat kornea mata yang tidak bersih yang disebabkan oleh pembengkakan.

Baca Juga  Bahaya Anak Yang Sering Kali Mengalami Diare

Apabila anda merasakan gejala-gejala seperti yang disebutkan tadi, maka sangat disarankan untuk segera memeriksakan ke dokter mata terdekat untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Jika hal ini anda biarkan begitu saja maka lama kelamaan akan menyebabkan kebutaan. Untuk sampai pada tahap kebutaan, setiap orang berbeda-beda waktunya, ada yang cepat bahkan ada juga yang lama sampai 10 tahun.

Selain itu seorang bayi yang baru lahir pun juga bisa beresiko mengalami glaukoma. Pada kasus bayi yang baru lahir biasanya disebut dengan glaukoma kongenital. Glaukoma jenis ini sangat mudah kita lihat yaitu adanya bola mata yang terlalu besar, menonjol dan terdapat suatu pembengkakan pada kornea sehingga membuat mata sering mengeluarkan air secara berlebih.

Baca Juga  Beberapa Hal Yang Menyebabkan Kita Terserang Diare

Artikel Terkait : Cara Mencegah Glaukoma Dengan Konsumsi Sayuran Hijau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *