Banyak Orang Yang Tak Menduga 5 Gejala Diabetes Ini

header niko 728 x 90

kenali gejala diabetes

InspirasiBersama.com – Saat kita membahas gejala diabetes, mungkin kebanyakan diantara kita akan menganggap gejala diabetes hanya akan merasakan rasa haus dan banyak buang air kencing saja. Padahal ada banyak gejala lain yang bersifat samar yang mengindikasikan gejala diabetes.

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang kerap menyebabkan berbagai komplikasi yang berbahaya dan sering menyebabkan kematian bagi penderitanya. Untuk itu mengetahui berbagai tanda atau gejala ringan dari diabetes sangatlah penting agar kita terhindar dari diabetes.

Berikut 5 gejala diabetes yang banyak orang tak menduga :

 

1. Anda telah melihat perubahan kulit yang tidak menyenangkan

Gejala ringan pertama dari diabetes yang banyak orang tak menduga adalah munculnya perubahan warna agak gelap pada bagian tubuh kita. Biasanya perubahan akan berwarna agak gelap pada bagian lipatan-lipatan tubuh seperti pada leher, siku, jari dll.

Bahkan menurut seorang ahli dermatologi yang bernama Sanjiv Saini MD mengatakan bahwa apabila ada seseorang datang memeriksakan diri mengalami perubahan kulit pada daerah lipatan tubuh, maka beliau akan menyarankan untuk melakukan tes kadar gula darah.

Baca Juga  Tetap Hidup Sehat Meskipun Dalam Kesibukan

Mereka biasanya akan mengalami peningkatan kadar gula darah. Hal inilah yang memicu munculnya perubahan warna gelap pada kulit bagian lipatan tubuh. Untuk mengatasinya kita harus berusaha untuk menurunkan kadar gula darah dengan berusaha menurunkan berat badan kita sedikitnya 4-5 kg.

 

2. Penglihatan menjadi kabur atau meningkat tajam

Tahukah kita bahwa perubahan pada penglihatan bisa menjadi gejala adanya penyakit diabetes. Bahkan perubahan penglihatan bisa berupa penurunan fungsi atau bahkan peningkatan ketajaman penglihatan menjadi lebih baik.

Ada banyak pasien yang mengeluh mengalami peningkatan ketajaman mata saat kondisi gula darah mereka meningkat. Namun setelah gula darah kembali normal, maka pasien akan kembali mengalami penurunan fungsi penglihatan.

Semua ini disebabkan karena saat seseorang mengalami diabetes, maka akan terjadi pergeseran banyak cairan dalam tubuh. Salah satunya adalah cairan yang ada pada mata kita. Hal inilah yang membuat perubahan daya penglihatan.

 

3. Gatal tak henti-hentinya

Gejala ringan diabetes yang sering diabaikan oleh banyak orang adalah adanya rasa gatal pada kulit yang terjadi secara terus. Hal ini disebabkan karena pada saat terjadi diabetes, maka terjadi gangguan pada pembuluh darah sehingga membuat kulit menjadi lebih kering dan muncul rasa gatal. Biasanya rasa gatal ini terjadi pada tangan dan kaki.

Baca Juga  Ibu Yang Menyusui Bisa Mencegah Terjadinya Kanker Ganas

Untuk mengatasi rasa gatal yang semacam ini, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

 

4. Pendengaran berkurang

Bukan hanya penglihatan saja yang akan mengalami penurunan, daya penglihatan juga kerap bermasalah pada gejala diabetes ringan. Mungkin anda akan menyadari hal ini saat kita menonton televisi. Meskipun volume sudah tinggi, namun kita merasa suara televisi masih rendah.

Apabila anda mengalami gejala penurunan fungsi pendengaran tanpa penyebab yang pasti, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah. Besar kemungkinan kadar gula darah kita tinggi.

Baca Juga : Dampak Kadar Gula Darah Tinggi Juga Bisa Merusak Organ Seksual

Kondisi ini disebabkan karena saat terjadi diabetes, maka akan ada kerusakan pada saraf dan pembuluh darah pada bagian telinga. Oleh karena itu mereka akan merasakan penurunan fungsi pendengaran.

Baca Juga  Dari Segi Kesehatan, Lebih Bagus Mana Tahu dan Tempe ?

 

5. Anda mendengkur seperti gergaji

Tahukah kita bahwa, menurut para pakar menyebutkan bahwa hampir setengah mereka yang mengalami diabetes tipe-2 akan memunculkan gejala gangguan pada pernapasan saat tidur. Gangguan pernapasan saat tidur yang dimaksud adalah mendengkur.

Apabila anda saat ini tergolong orang yang selalu mengalami mendengkur saat tidur, maka tidak ada salahnya anda melakukan cek kadar gula darah. Siapa tahu ternyata kadar gula darah kita tinggi.

Artikel Terkait : Jenis Olahraga Ringan Yang Disarankan Bagi Penderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *