Banyak Makan Bisa dipengaruhi Oleh Kurang Tidur

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat kita bekerja shift malam atau tidak tidur semalaman, maka besoknya kita akan merasakan nafsu makan yang meningkat dari biasanya. Hal ini terjadi secara normal yang dipengaruhi karena kurang tidur. Hal ini juga sudah dibuktikan dalam sebuah studi yang menyebutkan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan seseorang makan lebih banyak.

 

Bagi anda yang sedang dalam program menjaga berat badan ideal, kebiasaan kurang tidur bukan hal yang baik. Selain anda melakukan olahraga teratur dan pola makan yang sehat, mengatur waktu yang tidur juga tidak kalah penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. Dalam sebuah studi yang lain menyebutkan kalau obesitas ada hubungannya dengan kebiasaan kurang tidur pada malam hari.

beautiful legs in spa

sumber gambar : http://www.sitkes.com/

Dalam studi kali ini juga diketahui bahwa mereka yang kurang tidur pada malam hari kecenderungan untuk mengkonsumsi kalori lebih banyak yaitu sebanyak 385 kalori dalam sehari. Kalau kita bandingkan itu sama dengan makan empat setengah roti.

Baca Juga  Dampak Buruk Diabetes Bisa Memperpendek Usia Hingga 10 Tahun

 

Bukan hanya itu mereka yang kurang tidur pada malam hari juga diketahui lebi cenderung mengkonsumsi jenis makanan yang tidak sehat seperti banyak lemak dan porsi protein yang lebih sedikit. Kondisi ini akan sangat memicu peningkatan berat badan dan masalah kesehatan lain.

 

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Menurut para peneliti mengatakan bahwa saat seseorang kurang tidur, maka akan mempengaruhi sistem hormonal yang bernama leptin dan ghrelin yang mempunyai erat kaitannya dengan kontrol rasa lapar.

Baca Juga  Efek Tidur Malam Kurang Dari 5 Jam Bisa Meningkatkan Resiko Batuk Pilek

 

Selain itu seseorang yang kurang tidur akan cenderung mudah stres dan mengalami kecemasan. Secara alamiah tubuh akan berusaha mengatasi kecemasan tersebut yang salah satunya dengan mendorong kita untuk banyak makan. Itulah yang terjadi saat tubuh kita kurang tidur.

 

Kurang tidur juga ditengarahi bisa memicu munculnya berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes dan serangan jantung. Hal ini masuk akal karena saat kurang tidur akan mendorong seseorang untuk makan lebih banyak. Dan yang lebih berbahaya lagi adalah jenis makanan yang dikonsumsi cenderung tidak sehat seperti banyak kandungan lemak jahat. Hal ini akan membuat banyak tumpukan lemak yang memicu obesitas, peningkatan kadar gula darah, peningkatan kolesterol yang bisa memicu penyakit jantung.

Baca Juga  Manfaat Pedasnya Cabai Bagi Kesehatan Prostat

Baca Juga : Dampak Buruk Kurang Tidur Bisa Membuat Kadar Kolesterol Naik

Artikel Terkait : Kebiasaan Suka Ngemil Bisa disebabkan Karena Kurang Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *