Bakteri Bisa Bersembunyi Pada Botol Minuman

header niko 728 x 90

botol isi ulang

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa sering menggunakan botol minuman isi ulang rentan terjadinya bakteri. Saat kita menggunakan botol minuman isi ulang memang sangat praktis, cukup membilas dengan air bersih maka botol minuman sudah siap kita isi ulang dengan air minum. Padahal perilaku yang seperti ini sangat rentan terkontaminasi bakteri meskipun kelihatannya botol minuman masih bersih.

 

Ungkapan ini bukan hanya sekedar omong kosong belaka, berdasarkan sebuah hasil studi juga menyebutkan bahwa sering menggunakan botol isi ulang sangat rentan terkontaminasi bakteri yang bisa membuat perut kita sakit dan diare.

Baca Juga  Mengenal Pentingnya Peran Ayah Dalam Tumbuh Kembang Anak

 

Untuk membuktikan hal tersebut, para peneliti melakukan sebuah penelitian yang mengamati 12 botol minuman para atlet yang digunakan untuk isi ulang. Selama satu minggu penuh 12 botol minuman isi ulang tersebut sengaja tidak di cuci. Ternyata setelah dilakukan pemeriksaan terdapat beberapa bakteri yang terindikasi pada botol minuman tersebut.

 

Kontaminasi bakteri yang terjadi seperti pada botol minuman isi ulang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Dampak yang ringan bisa hanya berupa mual, nyeri perut atau diare. Namun dalam studi tersebut para peneliti menemukan salah satu jenis bakteri berbahaya yaitu Coccus gram positif yang bisa menyebabkan efek samping infeksi pada kulit, keracunan pada darah dan pneumonia atau gangguan pada paru-paru.

Baca Juga  Salah Satu Indikasi Pasangan Romantis Adalah Bisa Tidur Dengan Nyenyak

 

Sering kali kita hanya mencuci botol isi ulang dengan hanya membilas dengan air bersih dan mengocoknya. Padahal seharusnya kita rutin membersihkan dengan menggunakan sabun yang bisa membunuh bakteri yang menempel pada botol. Bakteri sering kali ditemukan pada tutup botol minuman isi ulang.

 

Untuk menghindari kontaminasi bakteri pada botol minuman isi ulang, maka para peneliti sangat menyarankan untuk menggunakan botol minum yang terbuat dari stainless. Hal ini lebih bagus dibandingkan dengan minuman botol plastik. Selain itu tidak disarankan untuk memilih jenis botol minuman isi ulang yang banyak celahnya yang memungkinkan banyak bakteri menempel.

Baca Juga  Apakah Benar Selaput Darah Menjadi Patokan Keperawanan Seorang Wanita ?

Artikel Terkait : Benarkah Makanan Yang Jatuh ke Lantai Rentan Bakteri ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *