Bahayakah Olahraga Secara Berlebihan ?

header niko 728 x 90

dampak olahraga secara berlebihan

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Namun jika olahraga dilakukan secara berlebihan maka bukan manfaat yang diperoleh, tetapi ancaman kesehatan lain yang bisa timbul setelah kita olahraga secara berlebihan.

Yang disarankan adalah kita melakukan olahraga secara tidak berlebihan. Apalagi jika kita mengalami sebuah penyakit tertentu yang tidak dibolehkan untuk beraktifitas lebih berat seperti diabetes dan jantung. Jika hal ini dipaksakan bagi para penderita diabetes dan jantung maka bisa berakibat fatal bagi kesehatanya.

Hal ini sering terjadi pada kasus obesitas dan diabetes. Seseorang yang mengidap diabetes dan obesites melakukan olahraga lari dengan harapan berat badan bisa turun dan gula darah menjadi stabil, tetapi tak jarang kita mendengar kabar buruk setelah mereka berolahraga secara berlebihan meninggal dunia dikarenakan hipoglikemi ( kekurangan gula darah ).

Berikut beberapa penyakit yang ditimbulkan karena olahraga secara berlebihan :

  1. Osteoarthritis
Baca Juga  Hubungan Sering Makan Asam Dengan Gigi Keropos

Salah satu penyebab osteoarthritis atau peradangan pada sendi adalah karena aktivitas olahraga yang dilakukan secara berlebihan. Hal ini akan bisa membuat sendi-sendi membengkak.

  1. Kesehatan mental

Olahraga mempunyai peranan yang sangat penting bagi seseorang dalam menggambarkan dirinya dan kesehatannya. Namun jika olahraga dilakukan secara berlebihan bukan malah bagus, tetapi bisa membuat seseorang mengalami masalah pada kesehatan mental yang bisa membuat seseorang menjadi depresi.

 

  1. Masalah menstruasi

Bagi seorang wanita yang senang berolahraga secara berlebihan maka akan membuat siklus haidnya menjadi tidak teratur. Mungkin kebanyakan para wanita tidak mengetahui hal ini. Jika anda mengalami siklus haid yang tidak normal, maka anda bisa melakukan introspeksi terhadap pola olahraga, asupan gizi, dan kesehatan mental anda.

  1. Gangguan makan

Banyak orang yang menyukai olahraga, karena saking sukanya pada olahraga mereka melupakan makan yang juga sangat penting bagi kesehatan kita. Banyak orang yang berolahraga secara berlebihan yang mengharapkan kebugaran pada tubuhnya, justru mereka mengalami gangguan makan seperti anoreksia ( perasaan tidak enak makan ).

  1. Kelelahan
Baca Juga  Cara Mendeteksi Kanker Payudara Pada Pria

Olahraga yang berlebihan akan membuat kita terlalu letih, terlalu lemas, dan banyak tenaga yang terkuras. Dengan banyaknya waktu yang anda gunakan untuk berolahraga, maka waktu untuk istirahat anda akan berkurang. Jika hal ini terjadi maka bisa membuat tubuh anda tidak sehat atau kelelahan yang kronis.

  1. Kesehatan jantung yang terhambat

Selain dampak negatif diatas, olahraga secara berlebihan juga bisa mengancam kesehatan jantung kita. Olahraga yang cukup memang dapat menyehatkan jantung kita, tetapi jika olahraga dilakukan secara berlebihan maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung kita. Terlebih jika kita memiliki riwayat penyakit jantung.

  1. Otot sakit

Mungkin kita pernah mengalami nyeri otot yang sangat setelah kita melakukan olahraga yang tergolong berlebihan. Kalau kita melakukan olahraga ringan mungkin nyeri otot tidak separah pada saat kita olahraga secara berlebihan. Jika ini terjadi dalam waktu yang lama akan bisa mengganggu aktivitas anda dalam sehari-hari.
Itulah beberapa dampak negatif apabila kita melakukan olahraga secara berlebihan. Segala sesuatu kalau dilakukan secara berlebihan juga tidak akan bagus hasilnya. Untuk itu jika kita mempunyai hobi berolahraga, maka berolahragalah secara wajar jangan terlalu memaksakan karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Juga  Dampak Jika Sering Menahan Kencing

 

Artikel Terkait : Manfaat Olahraga Bagi Penderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *