Bahayakah Jika Permen Karet Tertelan ?

header niko 728 x 90

bahaya permen karet jika tertelan

Banyak orang yang merasa takut saat permen karet yang dikunyah tak sengaja tertelan. Mitos yang beredar di kalangan masyarakat adalah apabila kita secara tidak sengaja menelan permen karet akan sangat berbahaya karena akan terus menempel pada usus kita. Ternyata hal itu tidak benar.

Seorang Profesor Kedokteran di Hopkins Hospital yang bernama Gerry Mullin mengatakan bahwa tidak benar apabila tubuh kita tidak mampu mencerna permen karet yang masuk ke dalam usus kita. Tubuh kita mampu mencerna makanan berupa permen karet yang tidak sengaja tertelan saat kita kunyah.

Baca Juga  Tips Alami Yang Bisa Membuang Racun Dalam Tubuh

Meskipun secara tak sengaja atau tidak tubuh kita akan mampu mencerna permen karet. Mungkin butuh waktu lebih lama untuk bisa dicerna oleh usus kita.

Permen karet yang masuk ke dalam usus kita akan menimbulkan masalah jika kita mengidap penyakit Crohn atau divertikulitis yang bisa menyebabkan penyempitan pada usus. Untuk kasus seperti ini bukan hanya permen karet, tetapi makanan lain pun akan beresiko saat melewati usus yang menyempit.

Baca Juga  Mengapa Rambut Anak Saya Sering Kali Kusut ?

Mengunyah permen karet sebenarnya mempunyai manfaat bagi kesehatan kita. Dengan mengunyah permen karet, maka dapat mengaktifkan kelenjar air liur sehingga dapat membantu menetralkan asam.

Berdasarkan penelitian, kebiasaan mengunyah permen karet juga bisa membantu dalam konsentrasi. Selain itu mengunyah permen karet juga bisa menghilangkan bakteri sekitar 100 juta dari mulut kita, dengan catatan permen karet tidak mengandung gula.

Baca Juga  Ketakutan Terbesar Bagi Banyak Orang Tentang Seks

 

Artikel Terkait : Efek Minuman Bersoda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *