Bahaya Wanita Hamil yang Terinfeksi Virus Rubella

header niko 728 x 90

sumber gambar : okezone.com

InspirasiBersama.com – Bahaya wanita hamil yang terinfeksi virus Rubella. Dalam bahasa orang awam Rubellla dikenal dengan sebutan campak Jerman. Kondisi ini ditandai dengan adanya ruam merah pada bagian kulit. Penyakit ini tergolong jenis penyakit yang mudah menular yang disebabkan karena air liur, bersin maupun batuk.

Berdasarkan data, rubella memang lebih banyak terjadi pada kalangan anak-anak dan remaja. Meskipun demikian bukan berarti tidak bisa menjangkiti orang dewasa termasuk wanita hamil. Bagi seorang wanita hamil terutama trimester pertama dan terinfeksi rubella, maka bisa meningkatkan resiko sindrome rubella kongenital yang bisa menyebabkan komplikasi sampai kematian.

Baca Juga  Apakah Boleh Berenang Saat Hamil ?

Jadi menurut para pakar kesehatan, jika virus rubella ini menyerang wanita hamil, maka bisa menyebabkan keguguran yang terjadi secara mendadak, cacat pada bayi serta kematian bayi saat lahir. Selain itu kondisi ini juga kerap menyebabkan terjadinya gangguan pada mental bayi atau retardasi mental.

Oleh karena itu sangatlah penting seorang wanita hamil mengenali gejala infeksi dari rubella. Beberapa tanda dan gejala wanita hamil yang terinfeksi rubella adalah munculnya demam tinggi, ada ruam pada kulit, nyeri kepala, nyeri pada otot dan sendi. Gejala yang muncul tersebut terkesan ringan, namun bisa menyebabkan keguguran dan kecacatan pada janin.

Baca Juga  Banyak Wanita Yang Mengabaikan Gejala Kanker Ovarium

Karena begitu pentingnya menjaga kekebalan tubuh terhadap resiko infeksi rubella pada wanita hamil, maka penting untuk melakukan vaksinasi MR (measles rubella). Bila anda berencana mau melakukan vaksinasi MR, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Artikel Terkait : Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *