Bahaya Varises Yang Terjadi Pada Testis Pria

header niko 728 x 90

varises pada pria

InspirasiBersama.com – Bagi seorang pria yang menginginkan tingkat kesuburan yang baik, maka testis mempunyai peranan yang sangat penting. Kita tahu bahwa fungsi dari testis pada pria adalah untuk memproduksi sperma. Jadi kalau testis pria mengalami masalah seperti munculnya varises, maka secara otomatis akan mempengaruhi kesuburan seorang pria.

 
Salah satu gangguan yang sering terjadi pada testis pria adalah munculnya varikokel. Banyak para pria yang mengalami varikokel pada testis namun tidak menyadarinya. Hal ini disebabkan karena tidak memunculkan gejala yang berarti.

Baca Juga  Mengapa Setiap Pagi Perut Terasa Kembung ?

 
Biasanya varises sering kali kita mendengar terjadi pada kaki. Pada kasus varises atau varikokel yang terjadi pada testis mempunyai prinsip yang sama. Pada testis terjadi pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum atau pembungkus testis. Kondisi ini akan menyebabkan banyak sisa hasil metabolisme yang menumpuk pada skrotum yang membuat kontaminasi pada sel sperma yang dihasilkan.

 
Saat terjadi kontaminasi pada sel sperma, maka secara otomatis akan mempengaruhi tingkat kesuburan atau kualitas sperma itu sendiri.
Menurut para ahli, hampir sekitar 90 persen pria yang terdiagnosa varikokel tidak menyadari dan tidak mengalami gejala yang berarti. Sering kali mereka baru menyadari saat sudah menikah dan punya anak.

Baca Juga  Memilih Jenis Soda Diet Tidak Bisa Mengurangi Asupan Kalori

 

Saat dilakukan pemeriksaan kualitas sel sperma maka didapatkan bahwa kualitasnya buruk. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menggunakan USG , maka diagnosa bisa ditegakkan.

 
Lantas bagaimana cara mengatasi varikokel pada testis ? Tindakan pembedahan bisa membantu memulihkan kualitas sperma yang menurun. Secara medis, penyebab dari timbulnya varikokel belum jelas.

 

Oleh karena itu para pakar menyarankan kepada anda yang sudah menikah dan melakukan hubungan selama satu tahun namun belum juga bisa hamil, maka sangat disarankan untuk memeriksakan diri. Hal ini akan sangat membantu menemukan akar masalah yang menyebabkan belum punya anak.

Baca Juga  Kisah Seleb Korea Yang Bisa Turun 53 Kg

Artikel Terkait : Bahaya Sering Menggunakan Celana Ketat Pada Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *