Bahaya Tidak Mempunyai Teman Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

header niko 728 x 90

tidak mempunyai teman

InspirasiBersama.com – Memiliki teman yang banyak pastinya akan sangat menyenangkan. Dengan mempunyai banyak teman maka serasa mempunyai saudara yang tersebar dimana-mana. Hal ini menunjukkan kalau manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Lantas bahayakah orang yang tidak mempunyai teman ?. Ternyata orang yang tidak mempunyai teman beresiko meningkatkan penyakit jantung.

Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard yang menyatakan bahwa seseorang yang sering merasa kesepian akan secara tidak langsung berdampak buruk bagi kesehatan. Saat kita merasa sendirian atau kesepian, maka akan memicu pembekuan darah yang disebabkan karena protein yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Secara fisiologis, saat seseorang merasa kesepian tidak mempunyai teman, maka akan memicu meningkatnya resiko stres. Pada saat kondisi stres inilah yang akan membuat kadar protein dalam darah meningkat yang bisa memicu pembekuan darah. Selain itu jumlah fibrinogen dalam darah yang berfungsi dalam pembekuan darah juga ikut meningkat yang memicu tekanan darah menjadi tinggi dan bisa membuat banyak lemak menumpuk dalam darah.

Baca Juga  Bibir Indah Dengan Minyak Zaitun

Baca Juga : Kadar Kolesterol Yang Tinggi Berbahaya Bagi Kesehatan Otak

Saat pembuluh darah kita banyak terdapat tumpukan lemak, maka akan menyebabkan aliran darah tersumbat yang akibatnya bisa menyebabkan serangan jantung. Apabila sumbatan terjadi pada pembuluh darah yang mengarah ke otak, maka akan menyebabkan terjadinya serangan stroke.

Dari hasil penelitian tersebut didapatkan data bahwa seseorang yang mempunyai banyak teman atau banyak melakukan sosialisasi dengan orang lain, maka akan memiliki jumlah fibrinogen dalam darah yang lebih tinggi. Kondisi ini akan memicu sumbatan dalam pembuluh darah.

Baca Juga  Tips Mengatasi Rasa Bosan Dengan Melakukan Hobi

Jumlah teman juga sangat berpengaruh terhadap kadar fibrinogen dalam darah. Dari hasil studi tersebut disebutkan bahwa mereka yang hanya mempunyai lima teman dengan mereka yang mempunyai 25 teman mempunyai kadar fibrinogen yang berbeda. Mereka yang hanya mempunyai lima teman diketahui memiliki kadar fibrinogen 20 persen lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang mempunyai 25 teman.

Dari hasil studi tersebut dapat disimpulkan bahwa resiko penyakit jantung bisa diketahui hanya dengan mencari tahu berapa jumlah teman seseorang. Semakin banyak teman, maka resiko akan penyakit jantung semakin kecil.

Baca Juga  Beberapa Jenis Asam Lemak Omega Yang Sangat Baik Bagi Kesehatan

Bukan hanya itu saja, mereka yang sering merasa kesepian dan pada akhirnya menyebabkan stres akan menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Dengan begitu maka akan membuat tubuh mudah terserang berbagai macam penyakit termasuk jantung dan stroke.

Artikel Terkait : Tips Agar Terhindar Dari Serangan Jantung dan Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *