Bahaya Tidak Memakai Helm Saat Bersepeda Menyebabkan Cidera Otak

header niko 728 x 90

manfaat memakai helm

InspirasiBersama.com – Melakukan olahraga dengan naik sepeda memang sangat mengasikkan. Tetapi jika kita tidak memakai helm, maka bisa jadi hal yang sangat bermanfaat dan menyenangkan tersebut menjadi malapetaka karena bisa membuat kita cidera otak.

Ada banyak keuntungan memakai helm saat bersepeda. Dengan memaki helm maka menghindarkan kita dari resiko cidera otak jika terjadi trauma kepala atau terjatuh. Namun disayangkan bahwa masyarakat kita belum terbiasa dengan memakai helm saat bersepeda.

Saat kita bersepeda di jalan raya, maka akan ada banyak kemungkinan terjatuh atau bahkan terjadi kecelakaan. Hal inilah yang menuntut pentingnya memakai helm. Dengan memakai helm maka kepala kita terhindar dari benturan keras jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan.

Memakai helm saat bersepeda sama halnya saat kita memakai sabuk pengaman saat menyetir mobil. Saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, maka tubuh kita bisa terhindar dari benturan keras yang bisa membahayakan keselamatan.

Baca Juga  Apakah Benar Genetik dan Lingkungan Bisa Membentuk Kepribadian Seseorang ?

Baca Juga : Tips Bersepeda Aman dan Sehat Pada Malam Hari

Kalau kita lihat angka kejadian kecelakaan di jalan raya saat ini sangat tinggi. Terlebih bagi mereka yang suka berkendara menggunakan motor. Banyak sekali kasus kematian yang disebabkan karena kecelakaan di jalan raya akibat tidak memakai helm. Kepala kita sangat penting saat terjadi sebuah kecelakaan. Untuk itu sayangilah nyawa kita dengan cara memakai helm saat berkendara dan bersepeda.

Saat ini mungkin kebiasaan naik sepeda masih belum sepopuler di Amerika atau negara Eropa lainnya. Namun bukan berarti kita mengabaikan keselamatan dengan tidak memakai helm saat bersepeda. Selalu gunakan helm saat anda naik sepeda.

Baca Juga  Bahaya Aborsi Bisa Memicu Kematian Ibu

Kalau kita melihat kejadian trauma kepala di rumah sakit, maka kebanyakan disebabkan karena tidak memakai helm. Bahkan ada yang lebih parah yaitu sudah memakai helm namun masih terjadi trauma kepala yang berat yang sangat membahayakan keselamatan.

Saat terjadi trauma atau benturan kepala dengan benda keras, maka secara otomatis otak kita akan mengalami guncangan yang mengganggu sistem kerja otak. Jika benturan bersifat ringan akan mengakibatkan cidera otak ringan atau dalam bahasa awam gegar otak ringan. Gegar otak atau cidera otak secara umum terbagi menjadi tiga yaitu ringan, sedang dan berat.

Jika masih cidera otak ringan, kita akan merasakan rasa pusing, mual atau bahkan muntah namun kesadaran masih baik. Namun gejala tersebut akan anda rasakan selama berhari-hari. Sedangkan kalau termasuk sedang bisa terjadi perdarahan kepala, mual, muntah, dan biasanya kesadaran yang menurun. Kalau cidera otak berat biasanya pasien akan tidak sadar dan memerlukan tindakan operasi atau pembedahan.

Baca Juga  Bolehkah Obat Batuk Untuk Orang Dewasa diberikan Kepada Anak ?

Untuk menghindari terjadinya cidera otak, maka sebaiknya kita membiasakan diri untuk selalu menggunakan helm saat bersepeda dan naik motor. Dengan begitu kita bisa menurunkan resiko terjadinya cidera otak yang bisa membahayakan jiwa kita.

Artikel Terkait : Bolehkah Wanita Hamil Naik Sepeda Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *