Bahaya Serius Berhubungan Seks Dengan Pengidap HIV

header niko 728 x 90

penularan HIV

Artikel ini ditulis dilatarbelakangi sebuah acara televisi yang bernama “Today Show” yang saat itu membahas tentang orang yang positif terkena HIV. Salah satu bintang tamunyaadalah Charlie Sheen yang seorang pengidap HIV.

Dia bercerita bahwa Sheen mempunyai viral load sehingga virusnya tidak akan bisa terdeteksi, dan dia juga menjalani perawatan sehingga virus HIV nya tidak akan ditemukan dalam darahnya.

Sheen juga mengatakan pernah berhubungan seks dua kali tanpa menggunakan kondom dengan pria yang berbeda sejak ia didiagnosa HIV. Banyak pertanyaan apakah benar virus HIV tidak bisa ditularkan saat sebuah virus tidak terdeteksi ?

Menurut profesor kedokteran klinis di University of California, Robert Huizenga, MD.  Beliau adalah dokter yang menangani Sheen. Dia menjelaskan kalau Sheen telah melakukan pengobatan ARV ( obat anti virus ) yang disesuaikan dengan diagnosa penyakitnya.

Baca Juga  Mengapa Saat Kita Mengalami Demam Banyak Sekali Mengeluarkan Keringat ?

Robert mengatakan jarang sekali penularan HIV terjadi saat seseorang memiliki viral load yang tak terdeteksi dan saat melakukan hubungan seks menggunakan kondom. Tetapi sang profesor tidak mengatakan itu adalah nol, artinya resikonya amat sangat sangat rendah sekali.
Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang mendapatkan pengobatan antivirus (ARV) sedini mungkin, maka bisa mengurangi resiko penularan sebesar 93 persen. Bahkan saat mereka berhubungan seks tanpa menggunakan kondom pun angka penularannya nol persen.
Maksud dari “viral load yang tak terdeteksi” disini adalah tak terdeteksi hanya pada tingkat virus dalam darah saja. Mungkin saja virus ini masih bisa ditemukan pada cairan yang dikeluarkan oleh alat genitalnya seperti cairan pre ejakulasi, semen dan cairan vagina. Untuk itu para ahli sangat menyarankan bagi para pengidap HIV untuk tetap selalu menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks.

Baca Juga  Untuk Yang Pengen Cepat Hamil Hindari Main Gadget Menjelang Tidur

Meskipun penularan relatif kecil saat seorang pengidap HIV sudah menggunakan ( ARV ) tetapi kita harus tetap waspada untuk mempertimbangkan jika kita melakukan hubungan seks dengan orang yang mengidap HIV. Pertimbangan yang lebih besar akan bahaya penularan dan dampak negatif jika kita tertular dengan penyakit HIV. Karena orang yang mengidap HIV akan mengalami penurunan antibodi tubuh secara menyeluruh sehingga akan mudah sekali untuk bisa terkena beberapa penyakit yang sangat berbahya bagi tubuh kita.

Baca Juga  Usia Emas Seorang Wanita Melahirkan

 

Artikel Terkait : Kebiasaan Yang Merusak Hubungan Seksual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *