Bahaya Sering Menggunakan Obat Tidur Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

bahaya penggunaan obat tidur

InspirasiBersama.com – Seiring banyaknya masyarakat yang mengalami gangguan tidur atau insomnia, maka penggunaan obat tidur saat ini cukup besar. Orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia kerap memiliki masalah psikologis diantaranya cemas dan depresi. Kondisi ini sangat tidak bagus bagi kesehatan karena bisa menurunkan imunitas tubuh. Banyak diantara mereka yang memilih menggunakan obat tidur untuk mengatasi masalah insomnia. Dengan obat tidur memang mereka bisa tertidur dengan lelap, namun para pakar kesehatan menyarankan penggunaan obat tidur karena berdampak negatif bagi kesehatan.

Mengapa para pakar menghimbau untuk menghindari obat tidur ?. Hal ini dikarenakan obat tidur memiliki efek samping yang kurang bagus bagi kesehatan. Saat mereka menggunakan obat tidur, maka bisa dengan segera tertidur dengan lelap. Namun saat bangun tidur, mereka sering merasakan hal yang tidak mengenakkan seperti kepala menjadi pusing, nyeri kepala, rasa lelah bahkan sampai pada sembelit.

Baca Juga  Waspada Ternyata Kanker Juga Dapat Menyerang Anak-Anak

Pada kasus yang lebih berat penggunaan obat tidur bisa menimbulkan efek halusinasi dan penurunan daya ingat bagi penggunanya. Selain itu konsumsi obat tidur secara berlebihan juga bisa menyebabkan masalah depresi yang lebih serius sehingga untuk menyembuhkannya membutuhkan terapi dokter psikiatri.

Selain beberapa dampak negatif penggunaan obat tidur diatas, ada dampak negatif lain yang disebabkan karena penggunaan obat tidur. Mereka yang sering menggunakan obat tidur menyebabkan efek kecanduan menggunakan obat tidur. Mereka akan terus menggunakan obat tidur karena hanya dengan bantuan obat tidur mereka bisa tertidur dengan pulas. Selain itu mereka juga menjadi kecanduan beberapa obat misalnya anti nyeri, antidepresan dan obat penenang. Kondisi seperti ini sangat tidak bagus bagi kesehatan.

Baca Juga  Membaca Status Negatif di Media Sosial Bisa Merusak Mental Seseorang

Apabila anda mengalami gangguan tidur, maka usahakan jangan menggunakan obat tidur sebagai solusinya. Anda bisa melakukan hal sederhana yang bisa efektif mengatasi insomnia anda. Misalnya mandi sebelum tidur, menghindarkan gadget sebelum tidur, melakukan olahraga secara rutin dan yoga bisa menjadi solusi yang efektif.

 

Artikel Terkait : Tips Alami Mengatasi Gangguan Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *