Bahaya Sering Mendengarkan Musik Dengan Keras Bagi Pendengaran

header niko 728 x 90

mendengarkan musik dengan keras

InspirasiBersama.com – Sering kita melihat seseorang yang suka mendengarkan musik dengan keras. Padahal kebiasaan seperti ini berbahaya bagi kesehatan pendengaran kita. Biasanya para remaja suka melakukan hal ini. Untuk itu sebagai orang tua dituntut untuk mengontrol kebiasaan anak kita jika sering mendengarkan musik dengan keras.

Hal ini terbukti berdasarkan sebuah studi yang dilakukan ternyata ada lebih dari seperempat remaja kita suka mendengarkan musik dengan keras. Baik itu menggunakan earphone maupun alat musik yang lainnya. Hasilnya adalah banyak para remaja yang mengalami gangguan pendengaran dini yang membuat daya pendengaran berkurang.

Baca Juga  Sering Mencicipi Adonan Kue Kering Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

Dalam studi ini telah melibatkan 170 remaja yang berusia antara 11 sampai 17 tahun. Penelitian ini dilakukan disebuah sekolah di Sao Paulo Brasil. Dalam studi ini para peneliti memfokuskan pada efek timbulnya tinitus atau terjadinya infeksi pada telinga yang menyebabkan suara mendengung. Hasil dari studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Scientific Report.

Para siswa yang terlibat dalam studi ini dilakukan analisa kemampuan pendengaran dalam sebuah ruangan khusus yang dikaitkan dengan kebiasaan para remaja yang suka mendengarkan musik dengan keras dan riwayat terjadinya tinitus.

Hampir semua siswa ternyata mengaku sering mendengarkan musik dengan keras baik menggunakan earphone maupun mendengarkan musik pada acara pesta, konser atau dalam club.

Baca Juga  Efek Buruk Terlalu Sering Konsumsi Jengkol Bagi Kesehatan

Dari kebiasaan siswa yang sering mendengarkan musik dengan keras tersebut, didapatkan data bahwa lebih dari 70 persen remaja akan mengalami tinitus yang dikategorikan baru atau tinitus yang sering kambuh. Bahkan sekitar 29 persen remaja tersebut mengalami tinitus yang sering kambuh.

Menurut para ahli, apabila kondisi ini dibiarkan saja dilakukan oleh para remaja, maka bisa berdampak lebih buruk lagi bagi kesehatan telinga. Hal ini sesuai dengan pernyataan seorang psikolog sekaligus profesor neuroscience dan perilaku yang berasal dari Mc Master University, Ontario.

Baca Juga  Berapa Lama Kita Boleh Menahan Kencing ?

Saat seseorang sering mendengarkan musik dengan keras, maka akan terjadi suara dengungan yang terdengar sesaat setelah suara tersebut. Hal ini akan berdampak buruk bagi gendang telinga kita sehingga memicu tinitus.

Artikel Terkait : Suara Bising Ternyata Bisa Memicu Penyakit Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *