Bahaya Sering Membentak Anak Justru Akan Membuatnya Semakin Nakal

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bahaya sering membentak anak justru akan membuatnya semakin nakal. Banyak kalangan orang tua yang menganggap dengan sering memarahi anak agar tidak nakal akan membuat anak menjadi jerah. Ternyata anggapan ini salah.

 

Mungkin kita masih ingat dulu orang tua kita sering berteriak membentak agar kita tidak nakal. Namun pada kenyataannya ucapan tersebut tak mempan di telinga anak. Ternyata taktik memarahi anak dengan cara membentak-bentak justru akan membuat kenakalan semakin tinggi.

Hal ini sudah terbukti secara ilmiah berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa anak usia 13 tahun yang sering mendapatkan teriakan marah oleh orang tuanya justru beresiko menjadi anak yang nakal.

Baca Juga  Cara Alami Untuk Mengatasi Luka Pada Bibir

 

Seorang anak yang kerap mendapatkan teriakan, bentakan dan cacian oleh orang tua akan menyebabkan anak menjadi nakal. Saat sang anak menikah dan mempunyai anak, maka dia akan menerapkan cara orang tuanya dulu yaitu sering memarahi dan membentak anak. Ini akan berlangsung terus seperti halnya lingkaran setan.

 

Menurut para pakar psikolog mengatakan bahwa saat anak nakal, maka sebaiknya orang tua melakukan komunikasi yang baik dengan anak agar tidak mengulanginya lagi. Namun jika orang tua merespon kemarahan anak dengan berteriak atau membentak, maka akan semakin tak mempan atau tak menghiraukan apa kata orang tua.

Baca Juga  Beberapa Gejala Migrain Yang Banyak Orang Tidak Tahu

 

Bagi seorang anak remaja, teriakan atau bentakan yang kerap didapatkan dari orang tua akan memunculkan persepsi yang buruk anak pada orang tua. Mereka akan cenderung menganggap orang tua sendiri sebagai musuh yang tak lagi sayang pada anak.

 

Itulah penjelasan tentang bahaya sering membentak anak yang justru akan membuatnya semakin nakal. Semoga dengan membaca artikel ini banyak orang tau yang tak lagi suka memarahi atau membentak anak, namun merubahnya dengan cara komunikasi yang baik untuk tidak lagi mengulangi kesalahan atau kenakalan.

Baca Juga  Benarkah Semut Jepang Bagus Untuk Penderita Diabetes ?

Artikel Terkait : Beberapa Kesalahan Orang Tua Yang Membuat Anak Menjadi Nakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *