Bahaya Sakit Gigi Bisa Menyebabkan Sakit Jantung

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak orang menganggap bahwa sakit gigi adalah penyakit yang biasa terjadi dan tidak menyebabkan bahaya yang serius. Ternyata tahukah anda bahwa sakit gigi bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit yang sangat mematikan yaitu sakit jantung. Dengan demikian sangatlah penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari sakit gigi.

sumber : https://hellosehat.com – hubungan sakit gigi dengan gangguan jantung

Berbicara tentang penyakit jantung, maka para pakar kesehatan seluruh dunia sepakat kalau penyakit yang satu ini menjadi penyakit mematikan pertama yang sering melanda pria maupun wanita. Namun siapa sangka ternyata penyakit jantung bisa dipicu oleh hal yang sederhana seperti sakit gigi.

Baca Juga  Konsumsilah Buah Pisang Sebelum Anda Melakukan Hubungan Seksual

Secara umum penyakit jantung memang lebih disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat seperti obesitas, kurang gerak, merokok, minum alkohol, punya tekanan darah tinggi, kadar kolesterol yang tinggi, serta kebersihan gigi dan mulut yang kurang sehingga menyebabkan sakit gigi.

Apakah hal ini sudah berdasarkan hasil penelitian ? Dalam sebuah hasil studi yang sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Journal Infection and Immunity menyebutkan bahwa bakteri yang terdapat pada bagian rongga gigi manusia bisa menyebabkan seseorang menderita sakit jantung. Kondisi ini sering terdapat pada bagian karang gigi.

Baca Juga  Apakah Makanan Kerupuk Bermanfaat Bagi Kesehatan ?

Bahkan dalam sebuah studi lain yang dilakukan oleh para ahli yang berasal dari University of Helsinki yang berada di Finlandia menyebut bahwa ada kaitan yang erat antara terjadinya serangan jantung dengan munculnya infeksi yang terjadi pada akar gigi atau gusi. Saat terjadi infeksi pada akar gigi atau gusi, maka bakteri akan bisa masuk ke dalam pembuluh darah yang nantinya bisa terbawa sampai organ jantung dan menyebabkan berbagai masalah pada jantung.

Oleh karena itu untuk menghindarkan diri dari resiko terkena penyakit jantung, maka salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rajin sikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari dan sebelum tidur. Selain itu yang tak kalah penting adalah melakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi untuk memastikan kesehatan gigi kita.

Baca Juga  Orang Yang Menderita Insomnia Rentan Terhadap Berbagai Penyakit

Artikel Terkait : Gangguan Gusi Yang Disarankan Untuk Pergi ke Dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *