Bahaya Patah Hati Bisa Menyebabkan Kematian

header niko 728 x 90

bahaya patah hati

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita mendengar seseorang yang meninggal dunia setelah pasangan sejatinya meninggalkannya. Ini bukan sekedar omong kosong, tetapi kenyataan yang benar terjadi. Ini disebut dengan ‘broken heart syndrome’ atau sindrom patah hati.

Hal seperti ini sudah pernah dilakukan sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Mereka mengamati sekitar 373.189 pasangan usia tua yang berada di Amerika selama sembilan tahun. Mereka mengamati apakah benar terjadi saat ada salah satu pasangan mereka meninggal, maka ada pasangan yang akan ikut meninggal menyusul pasangannya. Mereka juga mengamati motif apa mereka melakukan semua itu.

Baca Juga  Kenapa Keju Cepat Basi Meskipun Sudah Disimpan di Dalam Kulkas?

Dari hasil penelitian tersebut didapatkan hasil sebagai berikut. Ada peningkatan kematian sebesar 18 persen bagi suami yang ditinggal oleh istrinya. Untuk istri yang ditinggal oleh suaminya ada sekitar 16 persen.

Kematian seorang pasangan yang menjadi belahan jiwa secara kesehatan akan menimbulkan masalah yang bisa mengancam kesehatan seseorang. Saat orang mengalami kesedihan yang luar biasa maka bisa memicu adanya rasa nyeri pada dada sehingga bisa membahayakan jantung kita secara tiba-tiba.

Baca Juga  Bolehkah Wanita Hamil Naik Sepeda Motor ?

Mengapa hal ini bisa terjadi ? saat seseorang mengalami sesuatu yang mengharukan, mendadak dan menakutkan, maka akan ada peningkatan hormon adrenalin dalam tubuh kita lebih dari normal. Dengan peningkatan adrenalin yang lebih dari normal, maka ini bisa menjadi bumerang bagi jantung kita sehingga rentang mengalami serangan jantung yang tiba-tiba.

 

Artikel Terkait : Bahaya Olahraga Secara Berlebihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *