Bahaya Ngantuk Berlebihan Pada Siang Hari

header niko 728 x 90

ngantuk berlebihan pada siang hari

Kalau kita mengamati, sekarang ini banyak kita jumpai orang yang mengantuk pada siang hari. Kebiasaan ini sudah menjadi epidemi bagi kebanyakan orang sekarang ini. Hal ini bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, tetapi sudah menyerang para remaja kita. Tentu hal ini menjadi perhatian khusus karena hal ini berhubungan erat dengan kebiasaan pola tidur yang dilakukan oleh remaja kita.

Sering kita melihat kebiasaan anak muda sekarang adalah nongkrong sambil minum-minuman penambah energi dan minuman mengandung kafein. Banyak kalangan muda yang sampai larut malam ngobrol sambil ngopi dengan beberapa temannya. Hal inilah yang membuat banyak keluhan ngantuk yang berlebihan pada siang harinya.

Kebanyakan dari para remaja yang datang ke klinik dengan gangguan tidur kebanyakan mereka di diagnosa BISS (Behaviorally induced Insufficent Sleep Syndrome). Sebelumnya mereka menduga mengalami sleep apnea atau mendengkur.

Baca Juga  Dibalik Manfaatnya Untuk Menurunkan Kolesterol, Obat Kolesterol Juga Bisa Meningkatkan Keperkasaan Pria

 

BISS

Biss merupakan masalah pola istirahat tidur yang membuat penderitanya akan merasa ngantuk yang berlebihan pada siang harinya.

Kebanyakan dari mereka yang menderita BISS adalah orang yang karena tuntutan prestasi. Mereka melakukan belajar atau bekerja dengan keras dengan waktu tidur yang sedikit. Umumnya mereka sadar kalau waktu tidurnya kurang pada malam hari sehingga menimbulkan rasa ngantuk yang berlebihan pada siang harinya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea Selatan mengatakan bahwa remaja yang mengalami BISS akan mengalami penurunan kognitif otak dan menjadi mudah emosi. Dengan kondisi yang seperti ini maka prestasi akademik mereka akan mengalami penurunan dibandingkan dengan teman-temannya yang bisa tidur cukup pada malam hari.

 

Cara Mengatasinya

Baca Juga  Apakah Berbahaya Suka Mengkonsumsi Sayuran Yang Masih Mentah ?

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengatur pola tidur anda. Luangkan waktu tidur malam secara cukup. Anda harus sadar bahwa kurang tidur pada malam hari maka akan menurunkan kemampuan otak dan daya ingat kita. Dengan demikian maka kita akan sulit berkonsentrasi sehingga prestasi akademik kita menjadi menurun.

Tidur yang cukup akan bisa berdampak pada kemmapuan otak akan daya ingat menjadi maksimal. Saat kita tidur maka akan ada pemulihan pada otak kita.

Hindari penggunaan gadget yang berlebihan adalah hal yang penting agar pola tidur kita menjadi sehat. Hindari sebisa mungkin untuk tidak menggunakan gadget saat mau tidur. Dengan menghindari gadget sebelum kita tidur maka akan bisa menambah kualitas tidur kita sehingga bangun dalam kondisi yang fresh.

Jangan terlalu banyak minum minuman yang banyak mengandung kafein. Anda bisa minum minuman kafein cukup sehari sekali saja pada pagi hari. Dengan banyak minum minuman yang mengandung kafein terutama pada malam hari akan membuat pola tidur kita menjadi kurang baik.

Baca Juga  Minum Air Terlalu Banyak Bisa Merusak Organ Tubuh

Jadwal kegiatan anda dalam sehari. Anda bisa menghentikan pekerjaan anda saat malam mulai menjelang. Jangan bekerja keras tanpa mengenal waktu karena akan berbahaya bagi kesehatan kita. Apa gunanya kesuksesan tercapai tapi kita sakit-sakitan.

 

Artikel Terkait : Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *