Bahaya Mengoleskan Pasta Gigi Pada Luka Bakar

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bahaya mengoleskan pasta gigi pada luka bakar. Sering kita melihat masyarakat kita yang beranggapan bahwa saat terjadi luka bakar, maka obatnya adalah mengoleskan pasta gigi. Ternyata ini adalah mitos yang salah. Justru dengan menambah pasta gigi pada bekas luka bakar, akan menyebabkan kondisi semakin parah.

sumber gambar : Tribunnews.com

Para pakar kesehatan juga tidak membenarkan hal ini. Menggunakan pasta gigi untuk mengobati luka bakar akan menyebabkan bahaya bagi kesehatan. Mengapa demikian ? hal ini disebabkan karena kandungan pasta gigi kebanyakan adalah pembersih kotoran, potassium citrate, calsium carbonate serta pemutih gigi.

Baca Juga  Inilah Penyebab Wajah Memerah Saat Seseorang Gugup dan Malu

Saat kita menggunakannya untuk mengoleskan pada luka bakar, maka bisa memicu muncunya infeksi yang membuat luka semakin parah dan lebih lama disembuhkan. Pasta gigi adalah sebuah produk kesehatan yang dikhususnya untuk membersihkan gigi dan bukan untuk bagian tubuh yang lain.

Yang harus kita lakukan saat mengalami luka bakar adalah tidak mencari pasta gigi, tetapi cucilah luka tersebut dengan air yang mengalir dan kompres selama beberapa menit. Hal ini untuk menurunkan suhu panas akibat luka bakar pada kulit. Setelah itu anda bisa mengoleskan salep antibiotik pada luka bakar dan menutupnya dengan kasa steril. Setelah itu anda bisa periksakan kondisi luka ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Namun bila luka bakar dirasa cukup besar, maka segera untuk bawa ke rumah sakit.

Baca Juga  Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Jika Mempunyai Hewan Peliharaan

Artikel Terkait : Beberapa Bahan Alami Yang Bisa Bermanfaat Menghilangkan Jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *