Bahaya Menggunakan Bahan Kosmetik Yang Mengandung Timbal Berlebihan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi seorang wanita, dalam memilih jenis kosmetik hendaknya memperhatikan aspek kesehatan seperti kandungan timbal dalam kosmetik tersebut. Banyak wanita yang memilih jenis kosmetik hanya mempertimbangkan faktor kecocokan saja.

sumber gambar : okezone.com

Banyaknya produk kosmetik yang beredar, maka membuat sebuah badan pengawasan obat dan makanan yang berasal dari AS yang bernama FDA mengeluarkan sebuah peringatan tentang ambang batas penggunaan timbal dalam produk kosmetik.

Kalau kita lihat, beberapa jenis produk kosmetik seperti lipstik, losion tubuh, eye shadow, lip liner, lip glos dan shampo ada yang mengandung bahan timbal. FDA menyarankan untuk jenis produk kosmetik tidak melebihi 10 ppm kandungan timbal.

Baca Juga  Kecanduan Sosial Media Pada Remaja Menyebabkan Hubungan Yang Tak Sehat

Sebenarnya, jika jumlahnya sedikit timbal tidak memberikan efek berbahaya bagi kesehatan. Tetapi jika jumlahnya berlebihan dan terpapar kulit secara terus-menerus, maka hal ini akan berbahaya bagi kesehatan.

Ada banyak jenis gangguan tubuh yang disebabkan karena paparan timbal dalam jumlah yang berlebihan seperti gangguan kardiovaskuler, masalah reproduksi tubuh dan masalah ginjal.

Baca Juga  Waspadai Katarak Jika Penglihatan Masih Kabur Meskipun Sudah Pakai Kacamata

Seorang wanita yang sering mendapatkan paparan timbal dan dalam jumlah yang berlebihan, maka efeknya bisa menyebabkan melahirkan prematur serta mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.

Dengan demikian, maka diharapkan para wanita dalam hal memilih produk kosmetik untuk untuk memperhatikan kandungan timbal. Paling aman adalah memilih produk kosmetik yang sudah mendapatkan pengawasan BPOM.

Artikel Terkait : Cara Memutihkan Wajah Secara Cepat dan Alami Tanpa Efek Samping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *