Bahaya Main Game Terlalu Lama Bisa Menyebabkan “Cybersickness”

header niko 728 x 90

dampak negatif main game

Kehidupan modern seperti sekarang ini orang tidak bisa lepas dengan namanya smartphone. Dengan adanya smartphone, manusia merasa banyak terbantu dalam menjalankan pekerjaannya. Namun dibaik manfaat yang besar dari smarphone, penggunaan smart phone yang berlebihan mempunyai dampak negatif bagi kita.

Penelitian terbaru tentang penggunaan smart phone dalam jangka waktu yang lama, misalnya bermain game pada smart phone akan bisa membuat orang cybersickness. Sekitar 80 persen pengguna smart phone di dunia akan merasa pusing, mual dan bisa mengganggu keseimbanagan seseorang.

Baca Juga  Sering Mengunyah Permen Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan

Hal ini hampir sama seperti saat orang mengalami mabuk atau motion sickness. Motion sickness terjadi karena adanya pergerakan pada otot dan telinga tetapi kita tidak dapat melihatnya. Sementara kalau cybersickness disebabkan oleh kegiatan yang lama menatap layar pada gadget seperti bermain game seperti balapan yang mata kita akan fokus menatap pergerakan gambar yang cepat.

Semakin gambar pada gadget kita terlihat semakin  realitas, maka potensi cybersickness akan semakin besar. Pada kasus cybersickness kebanyakan dialami oleh wanita dari pada pria. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan tentang cybersickness. Orang yang mempunyai keperibadian tipe A yaitu mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dan cenderung tegas maka lebih rentan untuk terkena cybersickness.

Baca Juga  Saat Berciuman Ada Sekitar 80 Juta Mikroba Yang Ditularkan

Demikian informasi tentang bahaya terlalu lama menggunakan game pada gadget. Semoga dengan kita membaca artikel ini kita bisa mengurangi kebiasaan kita yang sering menggunakan gadget untuk bermain game dalam waktu yang lama. Semoga bermanfaat.

 

Artikel Terkait :Hindari Main Gadget Jika Ingin Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *