Bahaya Konsumsi Pemanis Buatan Bagi Ibu Hamil

header niko 728 x 90

bahaya pemanis buatan bagi ibu hamil

InspirasiBersama.com – Wanita yang sedang hamil perlu mendapatkan perhatian yang lebih agar memiliki kehamilan yang sehat. Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, maka salah satunya adalah seorang ibu harus menghindari konsumsi pemanis buatan selam hamil. Hal ini dilakukan karena untuk mengurangi resiko kehamilan yang tidak diinginkan. Apa bahayanya konsumsi pemanis buatan bagi ibu hamil ?

Untuk membuktikan efek pemanis buatan bagi wanita hamil, maka dilakukan sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada. Dalam penelitian ini, para peneliti telah melibatkan 3.000 ibu dan bayi yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Dari para responden tersebut, didapatkan data sebagai berikut : ada sekitar 30 persen para responden yang merupakan wanita hamil yang suka konsumsi pemanis buatan selam hamil. Ada sekitar 5 persen yang mengaku setiap hari mengkonsumsi pemanis buatan, dan 20 persen mengaku minum-minuman yang mengandung gula lebih dari satu perharinya.

Baca Juga  Dampak Begadang Sama Dengan Makan Tak Sehat Selama 6 Bulan

Setelah melihat pola kebiasaan makan para wanita hamil tersebut, kemudian para peneliti melakukan pengukuran terhadap berat badan dan tinggi bayi yang mereka lahirkan saat berusia satu tahun. Dari pengukuran tersebut didapatkan sekitar 5 persen bayi mereka mengalami berat badan yang berlebih.

Dari hasil penelitian tersebut juga didapatkan data bahwa seorang ibu hamil yang setiap harinya gemar mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan, ternyata dua kali lipat beresiko mengalami peningkatan berat badan atau obesitas.

Baca Juga  Bagaimana Pola Asuh Pada Anak Yang Pemalu Agar Tidak Minder ?

Sebenarnya pemanis buatan yang terdapat pada makanan atau minuman tersebut menurut FDA dinyatakan aman bagi kesehatan. Namun bagi wanita yang sedang hamil disarankan untuk menghindari jenis makanan tersebut.

Seorang ibu yang hamil yang sering konsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung pemanis buatan akan bisa berpengaruh kepada bayi saat memberikan ASI. Disamping itu ibu juga sangat beresiko memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas yang memicu diabetes.

Ada banyak jenis minuman yang banyak mengandung pemanis buatan seperti soda, produk minuman teh, minuman berenergi, aneka jus kemasan serta kemasan minuman kopi.

Baca Juga : Sering Konsumsi Kafein Saat Hamil Beresiko Keguguran

Jadi saat anda hamil, maka usahakan hindari konsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan yang bisa beresiko pada obesitas dan mempengaruhi kesehatan bayi. Anda bisa mengganti keinginan anda ini dengan konsumsi aneka jus buah segar yang juga mengandung gula yang aman bagi kesehatan ibu yang sedang hamil.

Baca Juga  Bagaimana Cara Membedakan Pusing dan Sakit Kepala ?

Artikel Terkait : Pentingnya Berat Badan Ideal Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *