Bahaya Komplikasi Diabetes Yang Mematikan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Diabetes Mellitus merupakan istilah medis untuk penyakit yang biasanya banyak orang menyebut diabetes. Mereka yang mengalami diabetes, berarti terjadi sebuah ketidakmampuan menstabilkan gula darah yang diperankan oleh insulin. Jadi yang sangat berperan adalah hormon insulin.

Saat seseorang mengalami kadar gula dalam darahnya yang jumlahnya melebihi batas normal, maka akan memicu berbagai macam masalah kesehatan. Insulin juga akan bekerja dengan extra keras untuk menstabilkan gula darah. Jika hal ini tidak bisa diatasi dengan baik, maka akan memicu munculnya penyakit diabetes yang juga memicu komplikasi beberapa penyakit lainnya.

Berikut beberapa penyakit komplikasi yang disebabkan karena diabetes yang tergolong mematikan :

1. Pada liver

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa seseorang yang menderita diabetes akan sangat rentan untuk mengalami komplikasi penyakit liver. Bahkan dalam sebuah studi diketahui resiko komplikasi pada liver atau sirosis yang bisa sampai dua kali lipat.

Kondisi tubuh yang mengalami resistensi insulin akan memicu banyak tumpukan lemak pada hati atau liver. Hal ini sering kali terjadi pada mereka yang menderita diabetes tipe 2.

Baca Juga  Ini Alasan Mengapa Ada Orang Yang Sulit Untuk Gemuk

Penderita diabetes akan mengalami resistensi insulin yang membuat karbohidrat yang masuk dalam tubuh tidak mampu diproses menjadi sebuah energi. Akibatnya tumpukan karbohidrat akan dikonversi tubuh menjadi sebuah lemak.

Bagi penderita diabetes, tumpukan lemak yang banyak terdapat pada hati atau liver bisa terjadi pada mereka yang gemuk maupun kurus. Meskipun kondisi tubuh anda kurus, jika mengalami resistensi terhadap insulin maka hal ini akan sangat mungkin terjadi.

2. Pada jantung dan pembuluh darah

Komplikasi penyakit diabetes yang kedua adalah gangguan jantung dan pembuluh darah. Penderita diabetes diketahui memiliki resiko dua kali lipat terkena penyakit jantung dan stroke. Kondisi ini bisa terjadi pada usia muda.

Kita tahu bahwa jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh. Berdasarkan sebuah data menyebutkan bahwa serangan jantung yang terjadi pada penderita diabates lebih sering menyebabkan kematian.

Kondisi gangguan jantung dan stroke terjadi karena resistensi insulin yang berlangsung lama akan memicu penumpukan lemak dalam tubuh termasuk dalam pembuluh darah. Kondisi ini akan membuat aliran darah menjadi tidak lancar atau bahkan munculnya sebuah penyumbatan.

Baca Juga  Jangan Suka Kebanyakan Maupun Kurang Tidur Karena Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

3. Pada ginjal

Komplikasi diabetes yang ketiga yang sering menyebabkan kematian adalah gangguan ginjal. Kondisi diabetes yang berlangsung lama ternyata akan memicu pecahnya pembuluh darah kecil termasuk pada organ ginjal. Saat pembuluh darah kecil pecah, maka ginjal tidak mampu untuk membersihkan darah yang keluar.

Kondisi ini akan membuat ginjal lebih banyak mempertahankan air dan garam dalam tubuh. Kondisi inilah yang membuat terjadinya odema atau pembengkakan cairan yang meningkatkan berat badan.

Selain itu penyakit diabetes juga menyebabkan gangguan fungsi saraf terutama untuk kontrol kandung kemih. Kondisi ini membuat kandung kemih mengalami kesulitan untuk mengosongkan urin. Yang terjadi adalah penuhnya kandung kemih yang bisa membuat ginjal kita terluka.

Saat ada banyak urin yang tertampung lama dalam kandung kemaih dan tidak bisa dibuang dengan maksimal, maka hal ini bisa memicu munculnya infeksi. Infeksi ini akan terjadi lebih cepat karena kandungan gula yang tinggi pada darah penderita diabetes.

Baca Juga  Ternyata Buah Semangka Sangat Bagus Untuk Kesehatan Jantung

 

Oleh karena itu untuk menghindari komplikasi diabetes yang berbahaya dan mematikan, maka sangat disarankan untuk rutin melakukan cek kadar gula. Hal ini untuk mengetahui jika ternyata kadar gula dalam darah kita tinggi.

Baca Juga : Beda Penderita Diabetes di Negara Maju dan Berkembang

Selain itu anda juga harus berusaha menurunkan berat badan yang menjadi pemicu munculnya diabetes. Lakukan pola makan yang lebih sehat agar berat badan bisa kembali normal. Hindari gaya hidup yang buruk seperti suka mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok, gorengan, junk food dan stres.

Artikel Terkait : Khasiat Rambut Jagung Bisa Mencegah Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *