Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan Ginjal

header niko 728 x 90

bahaya junk food

InspirasiBersama.com – Junk food merupakan jenis makanan yang banyak digemari olah kebanyakan orang modern sekarang ini. Kebanyakan kita hanya tahu kalau junk food akan menyebabkan kegemukan dan diabetes saja, padahal ternyata junk food juga bisa berbahaya bagi kesehatan ginjal kita.

Sekarang ini berdasarkan data kesehatan dunia menyatakan bahwa angka penderita diabetes khususnya tipe-2 jumlahnya meningkat pesat. Kita tahu bahwa penyakit diabetes tipe-2 sangat erat kaitannya dengan obesitas. Pada kondisi diabetes tipe-2, maka tubuh kita tidak mampu menghasilkan insulin yang berfungsi dalam menurunkan kadar gula darah.

Jika hal ini terjadi, maka akan ada banyak jumlah glukosa atau gula dalam tubuh kita yang menyebabkan penumpukan. Jika kita membiarkan kondisi ini berlangsung lama, maka akan menyebabkan penurunan fungsi ginjal yang menyebabkan gagal ginjal.

Baca Juga  Tips Mengatasi Susah Makan Bagi Ibu Hamil Karena Mual dan Muntah

Dalam membuktikan bahaya tumpukan glukosa dan lemak dalam tubuh terhadap reseptor glukosa pada ginjal, maka seorang peneliti yang berasal dari Angelia Ruskin University melakukan sebuah penelitian terbaru. Pada penelitian ini para peneliti memanfaatkan model hewan diabetes dan model obesitas.

Dalam studi tersebut, kelompok satu diberikan perlakukan makanan junk food seperti cokelat, keju, biskuit yang diberikan selama delapan bulan. Sementara pada kelompok yang lain diberikan makanan yang kaya akan kandungan lemak selama lima pekan. Dari perlakukan tersebut, para peneliti akan melakukan pengecekan kadar gula  serta pengaruh transporter glukosa yang terdapat pada ginjal.

Baca Juga  Jika Mengalami Gangguan Pada Gusi Seperti Ini Sangat Disarankan Untuk Periksa ke Dokter

Saat seseorang sering mengkonsumsi junk food, maka akan meningkatkan resiko obesitas yang memicu diabetes. Selain itu jika kita sudah mengidap diabetes, maka resiko komplikasi sangat besar yang salah satunya adalah merusak ginjal. Jika sudah masuk dalam stadium lanjut penyakit ginjal, maka untuk penanganannya adalah cuci darah atau haemodialisa.

Itulah bahaya jika kita sering konsumsi junk food yang bisa merusak kesehatan ginjal kita. Lakukan pola makan yang lebih sehat dengan banyak konsumsi buah dan sayur yang akan membuat tubuh kita jauh lebih sehat terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetes dan ginjal.

Baca Juga  Kenali Buah-buahan yang Banyak Mengandung Vitamin C, Selain Buah Jeruk

Artikel Terkait : Beberapa Kebiasaan Yang Bisa Menyehatkan Ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *