Bahaya Jika Melakukan Sikat Gigi Hanya Sekali Sehari

header niko 728 x 90

sikat-gigi-1x

InspirasiBersama.com – Ada beberapa orang yang hanya melakukan sikat gigi hanya sekali dalam sehari. Ada banyak alasan mengapa orang tersebut hanya melakukan sekali dalam menyikat gigi. Bisa disebabkan karena terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga setiap hari harus pulang malam, belum lagi terjebak macet selama berjam-jam yang membuat badan sangat lelah saat sampai dirumah.

 

Secara umum saat kita jarang menyikat gigi atau hanya sekali melakukannya, maka akan membuat banyak bakteri dalam mulut kita yang bisa menyebabkan berbagai macam gangguan pada mulut, gigi dan gusi.

 

Hal pertama yang terjadi jika kita hanya sekali dalam menyikat gigi adalah munculnya gangguan pada gusi. Masalah pada gusi bisa menyebabkan gusi kita menjadi berdarah dan terasa nyeri.

Baca Juga  Beberapa Mitos Yang Tidak Benar Bagi Penderita Diabetes

 

Saat kita hanya melakukan sikat gigi pada pagi hari saat berangkat kerja, maka akan membuat banyak tumpukan makanan sisa sarapan pagi, makan siang, camilan dan sisa makanan malam. Sisa makanan ini akan banyak menempel pada selah-selah gigi.

Baca Juga : Apa Pentingnya Menggunakan Obat Kumur

 

Apalagi jika kita suka mengkonsumsi makanan manis, maka bakteri yang berada dalam mulut dan gigi kita merasa sangat senang. Hal ini disebabkan karena makanan manis menjadi makanan yang sangat disukai oleh bakteri. Jika kita tidak melakukan sikat gigi sebelum tidur, maka sisa makanan tersebut akan tetap menempel sampai esok hari.

Baca Juga  Inilah 5 Jenis Kanker Yang Sering Menyerang Para Wanita

 

Bahaya yang terakhir jika kita mempunyai kebiasaan hanya sikat gigi sekali dalam sehari adalah akan membuat napas kita menjadi bau. Bau mulut yang disebabkan karena jarang menyikat gigi akan sulit dihilangkan meskipun kita menutupinya dengan mengunyah permen karet.

Yang menyebabkan mulut kita menjadi berbau adalah karena ada banyak tumpukan sisa makanan dalam selah gigi dan banyaknya plak yang muncul. Dengan banyaknya sisa makanan dan plak maka akan memicu bau mulut yang tidak sedap.

Baca Juga  Manfaat Makan Makanan Yang Kaya Protein Membuat Kita Lebih Kenyang

Coba bayangkan jika anda mempunyai teman yang mempunyai bau mulut, tentunya kita akan merasa malas berkomunikasi dengannya. Orang tersebut akan banyak dihindari oleh teman atau bahkan orang lain yang mengajak berkomunikasi.

Artikel Terkait : Dampak Buruk Jika Menyikat Gigi Dengan Keras

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *