Bahaya Jika Kita Tidak Makan Sama Sekali Karena Alasan Diet

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Menjalankan sebuah program diet menurunkan berat badan memang diperbolehkan. Namun dengan catatan bahwa pola atau aturan diet masih aman dari segi kesehatan. Jika melakukan diet menurunkan berat badan secara sembarangan, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan.

sumber gambar : http://www.kesehatanmanusia.com

Sering kita mendengar seseorang yang saking inginnya memiliki tubuh yang langsing, mereka melakukan diet yang berlebihan. Berlebihan disini seperti tidak makan sama sekali dalam waktu 24 jam. Ini adalah pola diet yang tidak disarankan dan berbahaya bagi kesehatan.

Berikut beberapa bahaya jika kita tidak makan sama sekali karena alasan diet :

Risiko Kena Diabetes
Bahaya pertama jika tidak makan sema sekali dalam waktu yang lama adalah bisa memicu penyakit diabetes tipe 2. Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa, saat kita tak makan lama akan menyebabkan respon tubuh terhadap insulin menjadi terhenti. Insulin adalah hormon yang sangat penting dalam megendalikan kadar gula dalam darah.

Baca Juga  Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

Gampang Emosian
Ternyata orang yang lapar karena tidak makan dalam waktu yang lama bisa menganggu emosional. Saat kadar gula dalam darah turun akibat tak ada makanan yang masuk, maka mood akan terganggu.

Metabolisme Tubuh Terganggu
Mereka yang sengaja menahan lapar dalam waktu yang lama akan menyebabkan terganggunya sistem metabolisme tubuh. Saat metabolisme tubuh terganggu, maka proses pembakaran kalori akan terhambat dan justru memicu tumpukan lemak. Akibatnya adalah bukan malah tambah kurus, melainkan terjadi kenaikan berat badan.

Baca Juga  Efek Campuran Krimer Instan Bisa Mengurangi Manfaat Sehat Kopi

Stres
Bila anda merasa mudah stres karena seringnya tidak makan dengan alasan diet, maka sebaiknya menghentikan pola diet yang seperti. Kondisi ini tentu akan membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi turun sehingga mudah terjangkit penyakit.

Bau Mulut Tidak Sedap
Salah satu akibat jika kita suka menahan lapar dalam waktu yang lama adalah bisa memicu bau mulut. Jika anda tak makan dalam waktu yang lama, maka produksi air liur akan turun. Padahal salah satu fungsi air liur adalah untuk menetralkan bakteri dalam mulut.

Baca Juga  Mengapa Saat Kita Mengalami Demam Banyak Sekali Mengeluarkan Keringat ?

Pusing dan Gampang Letih
Efek yang mungkin langsung terasa saat kita tidak makan dalam waktu yang lama adalah menyebabkan rasa letih dan tak jarang menyebabkan kepala menjadi pusing. Hal ini dipengaruhi oleh kadar gula dalam darah yang rendah.

Artikel Terkait : Tips Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *