Bahaya Jika Kita Sering Menggunakan Air Yang Kotor Bagi Munculnya Penyakit

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tanpa disadari banyak orang yang menggunakan air yang tergolong kotor dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengkonsumsinya, menggunakan air yang kotor untuk mencuci, mandi dll. Jika kita sering terpapar dengan air yang kotor, maka meningkatkan resiko munculnya berbagai macam penyakit.

 

Berdasarkan sebuah hasil data UNEP ( United Nations Environment Programme ) mengatakan bahwa masih banyak manusia di dunia yang masih menggunakan air yang kotor dalam kehidupan sehari-hari, terlebih bagi mereka orang Asia, Afrika dan Amerika Latin.

bahaya-menggunakan-air-yang-kotor

sumber gambar : www.sinarharapan.co

Memang ini menjadi sebuah masalah yang kompleks bagi kebanyakan negara berkembang seperti Indonesia. Dahulu sungai banyak yang masih terlihat jernih, namun sekarang ini banyak sekali sungai yang dipenuhi dengan berbagai limbah baik pabrik maupun rumah tangga. Ini menjadi sebuah masalah saat banyaknya sebuah pabrik-pabrik baru yang juga bermanfaat menyerap banyak lapangan pekerjaan.

Baca Juga  Ternyata Ikan Juga Bisa Terjangkit Penyakit TBC, Waspada Saat Konsumsi Ikan !

Banyak orang yang menyepelekan akan hal ini. Padahal para ahli mengingatkan akan resiko besar berbagai kuman dan bakteri yang bisa masuk dalam tubuh kita sehingga menyebabkan sebuah penyakit. Banyak penyakit yang muncul yang banyak disebabkan karena kontaminasi air yang kotor yang banyak orang tidak sadar.

Baca Juga : Sehat Bisa diawali Dari Alat Dapur Anda

Diantara ketiga wilayah yaitu Asia, Afrika dan Amerika Latin, ternyata Asia memiliki tingkat pencemaran sungai yang lebih besar. Hal ini disumbang oleh banyaknya pembuangan limbah industri dan rumah tangga ke sungai-sungai. Akibatnya sungai-sungai kita hampir semuanya tercemar limbah.

Baca Juga  Faktor Yang Sangat Mempengaruhi Kenaikan Berat Badan Bayi

Berdasarkan sebuah data UNEP menyebutkan bahwa angka kematian yang disebabkan karena kontaminasi air kotor yang mengandung bakteri atau virus tidak sedikit. Dalam setahun saja ada sekitar 3,5 orang meninggal yang disebabkan karena beberapa penyakit yang disebabkan karena kontaminasi air yang kotor. Beberapa contoh penyakit tersebut adalah kolera, tipus, polio dan diare.

Setelah membaca artikel ini diharapkan semua pihak sadar betapa pentingnya kebersihan air sungai. Air merupakan sumber kehidupan banyak makhluk hidup termasuk manusia. Dengan memiliki sungai yang lebih bersih, maka akan menurunkan resiko berbagai macam penyakit yang bisa menyebabkan kehilangan nyawa.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mencegah Agar Kaki Tidak Mudah Lecet ?

Artikel Terkait : Menjaga Kebersihan Diri Menjadi Awal Hidup Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *