Bahaya Insomnia Bisa Meningkatkan Resiko Asma

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa dari sebuah hasil studi yang dilakukan di Norwegia menemukan bahwa orang yang sering kurang tidur atau mengalami insomnia lebih mungkin menderita gangguan pernapasan seperti asma. Diketahui bahwa jam tidur yang cukup pada malam hari selama 7 sampai 8 jam.

Studi tersebut telah melibatkan 18.000 orang dewasa. Bahkan menurut The Royal Sociaty for public Heath yang berada di Inggris berpendapat bahwa banyak orang atau sekitar empat dari sepuluh orang melakukan kebiasaan tidur yang kurang. Mereka berusia sekitar 25 sampai 50 tahun.

sumber gambar : http://doktersehat.com

Mengapa kurang tidur bisa menyebabkan resiko asma semakin tinggi ?. Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa saat orang mengalami kurang tidur, maka akan meningkatkan produksi hormon stres dan memicu peradangan dalam tubuh. Kedua hal inilah yang membuat orang yang kurang tidur atau insomnia beresiko besar terkena asma.

Baca Juga  Orang Yang Menderita Insomnia Rentan Terhadap Berbagai Penyakit

Baca Juga : Kurang Tidur Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Diabetes

Selain ditemukan hubungan kurang tidur dengan meningkatkan resiko asma, para peneliti juga menemukan suatu hubungan antara kurang tidur atau insomnia yang meningkatkan resiko seseorang mengalami kecemasan dan depresi.

Ternyata terdapat perbedaan resiko asma bagi mereka yang kurang waktu tidur dengan mereka yang mengalami insomnia. Jika seseorang sering kurang tidur, maka resiko penyakit asma bisa sampai 65 persen. Namun jika sampai pada kasus insomnia, maka resiko asma bisa naik sampai tiga kali lipatnya. Sungguh sebuah resiko yang sangat tinggi.

Baca Juga  Cara Makan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Hal ini dibuktikan dalam sebuah data yang berasal dari Inggris, menyebutkan kalau terdapat 5,4 penderita asma yang ada di Inggris lebih disebabkan karena faktor kurangnya jam tidur pada malam hari. Hal ini dilakukan secara sering dan berjalan terus.

Memang faktor resiko utama seseorang menderita asma bukanlah karena kurang tidur dan insomnia. Faktor resiko yang utama yang memicu seseorang terserang asma adalah karena kebiasaan merokok, paparan polusi udara dan kondisi tubuh yang gemuk atau obesitas.

Baca Juga  Sayuran Yang Bagus Dikonsumsi Saat Sedang Flu

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Beberapa Kesalahan Yang Bisa Mengakibatkan Mengalami Insomnia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *