Bahaya Hipertensi Yang Tak Terkontrol Bisa Menyebabkan Demensia

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Selama ini banyak orang mengenal hipertensi atau darah tinggi erat kaitannya dengan munculnya sakit jantung dan stroke. Ternyata dampak buruk hipertensi bukan hanya itu saja, bisa terjadi pada banyak organ tubuh.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa hipertensi bisa menjadi faktor resiko seseorang mengalami pikun atau yang lebih dikenal dengan demensia pada usia tua.

sumber gambar : hellosehat.com

Kondisi ini resiko jauh lebih besar jika sejak terjadi pada usia muda tidak bisa mengontrol tekanan darah.

Baca Juga  Hubungan Diabetes Dengan Konsumsi Fluorida

Seseorang yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka memicu kerusakan pada pembuluh darah yang berada di otak. Dengan begitu maka meningkatkan terjadinya stroke.

Bukan hanya itu saja, berdasarkan hasil studi lain diketahui bahwa hipertensi juga bisa menyebabkan kerusakan sel kognitif pada otak yang bisa menyebabkan seseorang menjadi pikun atau demensia.

Yang perlu lebih waspada adalah kaum wanita, pasalnya dalam sebuah hasil studi yang dilakukan di Yogyakarta pada tahun 2015 menyebutkan bahwa wanita yang mengalami hipertensi lebih beresiko mengalami demensia dibandingkan pria.

Baca Juga  Benarkah Makan Keju Bisa Memicu Mimpi Buruk ?

Jangan menganggap kalau hipertensi hanya penyakit yang bisa menyerang kaum tua saja. Kini kalangan muda sudah banyak yang mengalaminya. Terlebih bagi anda yang mempunyai riwayat keluarga yang menderita hipertensi.

Baca Juga : Penyebab Orang Yang Hipertensi Kepalanya Pusing

Untuk itu disarankan untuk menerapkan pola makan yang lebih sehat. Hal ini disebabkan karena selain faktor keturunan, hipertensi juga kerap disebabkan karena pola makan yang tidak sehat. Selanjutnya adalah sering melakukan cek kesehatan secara berkala.

Baca Juga  Mengupas Efek Samping Hamil Pada usia Kurang Dari 20 Tahun

Artikel Terkait : Mudah Marah Bisa Memicu Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *