Bahaya Fobia Melahirkan Pada Ibu Hamil

header niko 728 x 90

fobia melahirkan

InspirasiBersama.com – Bagi seorang ibu hamil yang sudah menginjak usia kehamilan tua maka lumrah mengalami kekhawatiran dalam melahirkan. Biasanya kondisi ini dialami oleh para ibu yang baru pertama kali hamil atau mempunyai riwayat trauma pada kehamilan sebelumnya. Namun jika anda mengalami fobia yang berlebihan ini menjadi sebuah masalah yang harus diatasi.

Ternyata ketakutan akan melahirkan anak bagi seorang wanita bukan isapan jempol saja. Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau ada 1 dari 5 wanita akan mengalami fobia saat melahirkan. Studi ini dilakukan oleh Royal College of Obstetricans and Gynaecologist.

Bahkan berdasarkan hasil studi juga ditemukan bahwa ada 1 dari 7 wanita kerap kali menunda kehamilan yang disebabkan karena perasaan trauma saat persalinan sebelumnya. Sebetulnya ketakutan saat melahirkan itu menjadi hal yang wajar bagi wanita yang sedang hamil. Namun jika yang dialami adalah tokophobia maka bisa menjadi sebuah masalah.

Baca Juga  Begini Cara Mengatasi Bayi Yang Hidungnya Tersumbat

Mengapa hal ini bisa berbahaya ? Karena seorang wanita yang mengalami tokophobia akan mengalami ketakutan yang luar biasa untuk melahirkan. Mereka akan beranggapan bahwa orang lain tidak ada yang simpatik dengan ketakutan yang dirasakan ibu. Akibatnya seorang ibu yang mengalami tokophobia akan lebih memilih melakukan operasi caesar dibandingkan dengan melakukan persalinan normal.

Yang lebih buruk lagi adalah ada beberapa wanita yang mengalami tokophobia melahirkan melakukan hal-hal yang lebih ekstrem yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin yang dikandung. Bisa seorang dengan kondisi tokophobia melakukan minum alkohol atau obat-obatan tertentu dengan maksud agar kandungannya bisa gugur. Tentu hal ini menjadi tindakan yang sangat berbahaya.

Baca Juga  Beberapa Bahan Dapur Ini Ampuh Dalam Mengatasi Gejala Batuk

Oleh karena itu sangat penting mendeteksi secara dini para wanita hamil yang beresiko mengalami tokophobia. Biasanya mereka akan mengalami depresi atau rasa takut yang berlebihan selama kehamilan. Namun dengan pendeteksian secara dini, maka seorang dokter bisa mencari solusi agar wanita ini tidak mengalami tokophobia yang berlebihan.

Biasa wanita yang mengalami tokophobia melahirkan ini adalah mereka yang kurang bisa curhat dengan orang lain. Sangat disarankan untuk melakukan curhat dengan orang terdekat tentang apa yang dirasakan dan menjadi ketakutan ibu saat melahirkan. Jika merasa kurang faham tentang resiko kehamilan yang akan dilakukan, maka sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penjelasan yang valid tentang kehamilan.

Baca Juga  Terapi Unik Untuk Mengatasi Masalah Pernapasan Dengan Garam

Artikel Terkait : Resiko Hamil Pada Usia 40 Tahun Terhadap Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *