Bahaya Daging Yang Dipanaskan Dengan Suhu Terlalu Tinggi, Bisa Memicu Kanker

header niko 728 x 90

dampak pemanasan daging

Tahukah kita bahwa memasak daging dalam suhu yang terlalu tinggi terkadang sampai hangus ternyata bisa menyebabkan kanker jika dikonsumsi. Hal ini menambah deretan fakta unik saat kita konsumsi daging. Ternyata daging yang demikian bisa memicu timbulnya kanker pada ginjal.

Ini berdasarkan sebuah penelitian terbaru yang mengungkapkan bahwa apabila sebuah otot hewan kita lakukan pemanasan dengansuhu yang tinggi, maka akan bisa berbahaya karena akan menghasilkan senyawa jahat bagi tubuh kita. Senyawa ini adalah amina heterosiklik dan hodrokarbon polisiklik aromatik. Kedua senyawa ini akan memicu timbulnya kanker jika masuk ke dalam tubuh kita.

Baca Juga  Manfaat Mendaki Gunung Bisa Mengurangi Stres

Sebelumnya ada beberapa penelitian terbaru yang menyebutkan adanya kaitan antara daging dengan timbulnya resiko kanker usus, pankreas dan prostat. Untuk hubungan antara pemanasan daging dengan kanker pada ginjal belum banyak yang melakukan penelitian.
Dan ini merupakan hasil penelitian pertama kali yang dilakukan oleh Dr Xifeng Wu dari University of Texas yang mengatakan ada hubungan spesifik antara pemnasan yang tinggi pada daging dengan timbulnya kanker pada ginjal.

Baca Juga  Rambut Menjadi Gambaran Kesehatan Seseorang

Penelitian ini melibatkan 659 orang yang sudah didiagnosa kanker ginjal, dan 699 orang yang tidak memiliki penyakit kanker ginjal. Dr Wu akan melakukan pengamatan terhadap pola diet dan besar resikonya.

Hasilnya adalah pada pasien yang mengidap kanker, mereka ternyata cenderung makan daging lebih banyak dan mendapat paparan senyawa karsinogen lebih banyak. Hal ini dibuktikan dengan pada tahun 2012 terdapat 376.000 orang yang menderita kanker ginjal, dilansir oleh US National Institute of Health. Dan terdapat 16 kasus baru pada 100.000 orang.

Baca Juga  Ternyata Makan Keju Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

 
Artikel Terkait : Hubungan Konsumsi Daging dan Timbulnya Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *