Bahaya Cairan Zat Kimia Pada Mata

header niko 728 x 90

bahan kimia

InspirasBersama.com – Berdasarkan sebuah data yang berasal dari Amerika menyebutkan bahwa angka kejadian cidera mata yang disebabkan karena cairan zat kimia semakin meningkat. Bahkan yang membuat kita tercengang adalah kebanyakan di dominasi oleh anak dan balita. Ini belum termasuk yang terjadi di seluruh dunia.

Banyaknya inovasi cairan kimia yang memudahkan manusia dalam menjalankan pekerjaan seperti cairan pembersih membuat cairan ini banyak di jumpai di rumah-rumah. Kebanyakan dari kita menaruh cairan ini sembarangan sehingga sering terkontaminasi dengan anak dan balita.

Untuk menghindari kontaminasi cairan kimia terhadap anak yang bisa menyebabkan cidera mata, maka sebaiknya kita tidak menaruhnya secara sembarangan. Misalnya saja cairan pencuci piring dan pembersih lantai yang ditaruh di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak.

Baca Juga  Tips Mempertajam Ingatan Agar Tidak Mudah Lupa

Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa angka cidera atau luka bakar pada mata yang disebabkan karena kontaminasi cairan kimia angkanya sekitar 12 persen. Hal ini menunjukkan bahwa banyak orang tua yang teledor menaruh bahan kimia yang di dalam rumah terdapat anak kecil.

Dalam sebuah cairan zat kimia biasanya terkandung zat asam dan alkalin yang apabila masuk atau terkontaminasi dengan mata bisa menimbulkan reaksi yang serius. Misalnya saja cairan alkalin yang terkena mata bisa menyebabkan membran sel menjadi rusak dan bisa merusak kornea mata.

Baca Juga  Suka Main Video Game Berbau Kekerasan Memicu Perilaku Agresif

Namun jika yang masuk dalam mata adalah zat asam, maka reaksinya bisa menyebabkan tumpukan protein pada mata. Namun kondisi ini bisa mencegah mata dario berbagai kerusakan.

Ada banyak zat kimia yang mengandung alkalin misalnya saja pemutih baju, semen, pembersih saluran air, pembersih oven, dan aneka produk amonia. Sedangkan kontaminasi zat asam bisa ditimbulkan dari baterai, sulfur dan hydrochloric.

 

Itulah bahaya cairan zat kimia yang bisa merusak mata. Oleh karena itu sangat dihimbau kepada kita semua untuk berhati-hati menggunakan dan menaruh cairan ini karena bisa menyebabkan kontaminasi pada anak yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan mata.

Baca Juga  Ini Dia Alasan Mengapa Nikah Usia Remaja Dilarang

Artikel Terkait : Cara Mencegah Agar Mata Tidak Mudah Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *