Bahaya Anak Yang Sering Kali Mengalami Diare

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Diare sebenarnya menjadi masalah kesehatan yang kerap melanda anak-anak. Meskipun demikian bukan berarti kita tak perlu waspada saat seorang anak sering kali mengalami diare. Ternyata seorang anak yang kerap mengalami diare berdampak buruk bagi kesehatan terutama kemampuan kognitif otak.

sumber gambar : http://pondokibu.com

Di Indonesia sendiri angka kejadian diare dikalangan anak-anak pada tahun 2013 masih cukup banyak. Rata-rata 1 dari 7 anak bisa mengalami masalah gangguan pencernaan atau diare sebanyak 2 sampai 6 kali dalam setahun. Menurut para pakar kesehatan kondisi ini lebih disebabkan karena masih banyak kalangan orang tua yang kurang faham tentang penyebab serta bagaimana cara menangani anak yang diare.

Baca Juga  Pentingnya Memastikan Rambut Kering Sebelum Menggunakan Hijab

Secara umum kasus diare yang terjadi pada kalangan anak-anak disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh virus, bakteri dan parasit. Namun kalau kejadian di Indonesia, rata-rata disebabkan karena rotavirus dan oleh karena intoleransi laktosa.

Saat seorang anak mengalami diare yang disebabkan karena rotavirus, maka akan memicu gangguan produksi beberapa jenis enzim yang mempunyai banyak peranan dalam proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Salah satu jenis enzim yang mengalami masalah adalah enzim laktase yang sangat penting dalam proses pencernaan gula atau laktase dalam tubuh.

Baca Juga  Tips Cara Menekan Nafsu Makan

Masa kanak-kanak adalah masa perkembangan yang harus diperhatikan. Misalnya saja saat anak sering kali mengalami diare, ternyata menurut para pakar kesehatan bisa berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Kondisi ini ternyata bisa mempengaruhi IQ seorang anak menjadi kurang maksimal. Berdasarkan sebuah data menyebutkan bahwa seorang anak yang sering kali mengalami diare, maka kebanyakan akan mengalami penurunan tinggi badan 3,5 cm dibandingkan dengan teman seusianya pada usia 7 tahun.
Artikel Terkait : Kiat Untuk Membentuk Anak Yang Cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *