Bahan Alami Yang Sangat Efektif Untuk Mengusir Nyamuk

header niko 728 x 90

daun sereh

InspirasiBersama.com – Akhir-akhir ini kita dikejutkan dengan kasus Zika dan Demam Berdarah Dengue yang meningkat. Ini merupakan sebuah ancaman yang harus kita hindari. Salah satu caranya adalah menghindari gigitan nyamuk yang bisa menyebabkan Zika dan Demam Berdarah Dengue. Untuk menghindarinya kita bisa menggunakan bahan alami yang sangat efektif mengusir nyamuk.

Untuk melindungi dari gigitan nyamuk, para pakar juga merekomendasikan untuk menggunakan pakaiaan yang panjang dan menghindari saat nyamuk beraktivitas yaitu pada saat subuh dan senja. Selain itu anda juga bisa menggunakan losion anti nyamuk atau bahan alami lainnya.

Secara kesehatan penggunaan losion anti nyamuk aman bagi seorang ibu hamil maupun menyusui. Hal ini sesuai dengan pernyataan CDC dalam situs resminya. Secara penelitian belum terbukti adanya cacat kelahiran yang disebabkan oleh penggunaan losion anti nyamuk.

Baca Juga  3 Jenis Makanan Yang Bisa Membuat Nyeri Sendi

Namun sebagian pakar yang lain menganjurkan untuk tetap berhati-hati dalam penggunaan losion anti nyamuk yang dimungkinkan memiliki efek samping. Mereka beranggapan lotion termasuk dalam pestisida yang sifatnya adalah racun. Apalagi bagi seorang wanita yang sedang hamil, disarankan untuk berhati-hati dalam penggunaan losion anti nyamuk.

Untuk mengantisipasi efek samping penggunaan losion anti nyamuk, anda bisa menggunakan bahan alami yang juga sangat efektif untuk mengusir nyamuk layaknya lotion anti nyamuk :

 
Citronella essential oil atau minyak sereh
Minyak ini dihasilkan dari tanaman sereh yang banyak tumbuh di wilayah Asia dan Pasifik Selatan dengan cara mengambil ekstraknya. Siapa sangka tanaman sereh yang kerap digunakan sebagai bumbu dapur ternyata sangat ampuh untuk mengusir nyamuk.

Minyak oles ini menjadi solusi alami untuk menggantikan lotion anti nyamuk. Disamping itu sangat aman bagi kesehatan karena terbuat dari bahan alami.
Soybean oil atau minyak kedelai
Selanjutnya adalah minyak kedelai. Minyak ini cukup efektif mengusir nyamuk, namun jika anda menggunakannya harus lebih sering dioleskan agar efektif menghindari gigitan nyamuk.
Minyak lemon eucalyptus
Minyak ini berasal dari daun pohon citrodora eucalyptus yang efektif secara alami berfungsi sebagai penolak nyamuk. Minyak lemon eucalyptus mempunyai efek perlindungan yang lebih lama dibandingkan dengan minyak lainnya, berbeda dengan ekstrak sereh yang harus mengoleskan sesering mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga  Apakah Boleh Penderita Diabetes Minum Teh ?

Minyak lavender
Sejak berabad-abad yang lalu minyak lavender sudah terkenal dengan khasiatnya untuk mengusir serangga dan nyamuk. Dalam penggunaan minyak lavender, sangat disarankan untuk mencampurnya dengan minyak lainnya karena kandungan yang tajam pada minyak lavender bisa membuat kulit menjadi iritasi.

Minyak rosemary
Bahan penolak nyamuk alami selanjutnya adalah minyak rosemary. Minyak ini berasal dari ekstrak daun rosemary yang efektif sebagai bahan penolak nyamuk.

Baca Juga  Fenomena Tanda Lahir Pada Bagian Tubuh

Minyak ini dipercaya sangat efektif untuk menggantikan losion anti nyamuk, tetapi jarang digunakan karena harganya yang relatif mahal. Sebagai gantinya anda bisa menggunakan cedar bark oil atau minyak kulit kayu cedar.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Berikut Alasan Nyamuk Bisa Menyebabkan Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *