Bagi Yang Suka Tidur Berlebihan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

dampak tidur terlalu lama

InspirasiBersama.com – Tidur yang sejatinya sangat diperlukan oleh tubuh bisa menjadi bumerang bagi kesehatan apabila dilakukan dengan berlebihan. Bagi anda yang saat ini suka tidur secara berlebihan, segera tinggalkan kebiasaan itu karena berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Secara alami tubuh kita membutuhkan waktu 6-8 jam untuk istirahat. Hal ini diperlukan untuk memberikan waktu istirahat kepada organ tubuh yang selama 16 jam beraktivitas. Tidur menjadi sangat penting bagi kesehatan kita. Tetapi jika hal baik ini dilakukan secara berlebihan melebihi waktu normal maka akan berdampak negatif bagi tubuh kita. Berikut beberapa dampak negatif akibat tidur terlalu lama :

1. Tidur terlalu lama dapat meningkatkan risiko depresi.

Baca Juga  Manfaat Suka Konsumsi Buah Bisa Mencegah Terhadap Kanker Payudara

Berdasarkan sebuah data studi menyatakan bahwa mereka yang melakukan tidur lebih dari sembilan jam akan beresiko untuk mengalami depresi sebesar 49%. Sedangkan bagi mereka yang tidur dalam waktu yang normal hanya beresiko sekitar 27% menderita depresi. Depresi memberikan dampak buruk bagi kesehatan karena akan menurunkan imunitas tubuh.

2. Dapat merusak otak.

Sebuah studi lain yang dilakukan pada tahun 2012 mengatakan bahwa para lansia yang melakukan tidur lebih dari sembilan jam akan mengalami penurunan fungsi otak bahkan bisa memperburuk fungsi otak. Sedangkan bagi para wanita yang melakukan tidur lebih dari sembilan jam akan berakibat otak akan mengalami perubahan yang sama seperti penuaan selama dua tahun.

Baca Juga  Cara Mengenali Tipe Pria Yang Bisa Menyebabkan Wanita Melakukan Orgasme Lebih Dari Satu Kali

3. Sulit untuk hamil.

Bagi anda seorang wanita yang mempunyai kebiasaan tidur lebih dari sembilan jam, maka segera tinggalkan karena bisa membuat anda susah untuk hamil. Hal ini berdasarkan sebuah data studi yang dilakukan di Korea yang melakukan penelitian terhadap 650 wanita. Hasilnya adalah mereka yang mempunyai kebiasaan tidur lebih dari sembilan jam mengalami sulit hamil dibandingkan dengan wanita yang melakukan tidur antara tujuh sampai delapan jam.

5. Meningkatkan risiko diabetes.

Salah satu yang membuat kita beresiko besar hampir dua kali lipat terkena diabetes tipe 2 adalah tidur lebih dari delapan jam. Ini berdasarkan sebuah data penelitian. Untuk itu jangan melakukan tidur lebih dari delapan jam karena bisa meningkatkan resiko terkena diabetes.

Baca Juga  5 Jenis Makanan Yang Bisa Memicu Iritasi Pada Usus

6. Dapat merusak fungsi jantung.

Selain bahaya kesehatan yang telah disebutkan tadi, tidur lebih dari delapan jam juga berakibat resiko penyakit jantung. Sebuah studi menganalisa orang sebanyak 3.000 dan hasilnya adalah mereka yang melakukan tidur lebih dari delapan jam sehari akan beresiko terkena penyakit jantung yaitu angina dan arteri koroner.

 

Artikel Terkait : Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *