Bagi Yang Ingin Menekan Rasa Lapar, Lakukan Olahraga Malam Hari

header niko 728 x 90

olahraga malam hari

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang ingin menekan rasa lapar, maka sangat disarankan untuk melakukan olahraga malam hari. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal Medicine and Science in Sport and Exercise. Dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa dengan melakukan olahraga treadmill pada malam hari, maka sangat efektif untuk menekan rasa lapar kita.

Dalam penelitian ini, para peneliti melakukan perbandingan antara kalori yang bisa terbuang melalui olahraga dan melakukan sebuah diet terhadap makanan.

Untuk membandingkan keduanya, para peneliti telah melakukan pengamatan terhadap 12 perempuan yang masih muda dan sehat. Dari perempuan tersebut ada kelompok pertama yang melakukan diet untuk bisa mengurangi asupan kalori. Sedangkan pada kelompok yang lain melakukan olahraga untuk bisa mengurangi kalori dalam tubuhnya.

Baca Juga  Dampak Buruk Bekerja Terlalu Keras Bisa Memicu Penyakit Jantung

Dari hasil penelitian tersebut didapatkan data bahwa para wanita yang melakukan diet membatasi asupan makanan mengalami peningkatan hormon ghrelin atau hormon tubuh yang berfungsi memberikan sinyal lapar.

Bukan hanya itu saja, kelompok wanita yang melakukan diet ternyata saat diberikan sajian makanan dalam sebuah prasmanan ternyata rata-rata mengkonsumsi kalori sebanyak 944 kalori. Sedangkan mereka yang memilih olahraga untuk mengurangi kalori dalam tubuh ternyata hanya mengkonsumsi sekitar 660 kalori.

Dalam sebuah studi yang lain juga menyebutkan bahwa dengan melakukan olahraga, maka bisa menunda rasa lapar. Dalam studi tersebut telah melibatkan 10 orang laki-laki dan 10 wanita untuk melakukan olahraga selama 60 menit. Setelah itu para peneliti mengamati tentang rasa lapar, peningkatan hormon, dan asupan makanan.

Baca Juga  Jangan Suka Makan Mie Instan Campur Nasi ! Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

Dari hasil studi tersebut didapatkan bahwa dengan seseorang melakukan olahraga, maka akan memicu peningkatan hormon adrenalin yang bisa menghambat atau menunda rasa lapar seseorang. Namun hal ini tidak bertahan lama, rasa lapar akan kembali datang setelah seseorang melakukan olahraga.

Untuk jenis makanan yang sangat cocok untuk mengembalikan rasa lapar setelah olahraga adalah jenis karbohidrat dan protein. Dengan konsumsi protein akan bisa membantu mengembalikan kekuatan otot dan memperbaiki jaringan otot.

Baca Juga  Ini Dia Resiko Besar Wanita Yang Merokok Bisa Menyebabkan Perdarahan di Otak

Dari hasil berbagai studi diatas dapat disimpulkan bahwa bagi anda yang sangat menjaga berat badan ideal, maka melakukan olahraga pada malam hari sangatlah efektif untuk menunda rasa lapar agar kita tidak konsumsi makanan yang berlebihan pada malam hari yang beresiko meningkatkan berat badan kita.

Artikel Terkait : Beberapa Manfaat Olahraga Pada Malam Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *