Bagi Anak-anak Obat Batuk Codein Tak Aman

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Pemberian obat batuk yang sering digunakan kepada orang dewasa yaitu codein sekarang ini dinilai tak aman bagi anak-anak. Sifat dari obat batuk codein ini memang ada pereda nyerinya. Bukan hanya itu saja obat batuk codein juga terbilang tidak efektif menyembuhkan batuk pada anak-anak dan bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Ungkapan ini sesuai dengan saran dari ikatan dokter anak yang berasal dari Amerika yang bernama American Academy of Pediatrics.

anak-minum-obat-batuk

sumber gambar : www.medkes.com

Codein bukan merupakan obat baru dikalangan para dokter. Biasanya obat jenis ini juga sering diresepkan dokter bagi mereka yang pasca operasi amandel dan adenoid. Sifat dari obat ini bisa meredakan nyeri.

Mengapa obat codein akhir-akhir ini dilarang untuk diberikan kepada anak-anak ? Berdasarkan sebuah data yang berasal dari AS menyebutkan kalau banyak kasus gangguan pernapasan yang bersifat berat bahkan kematian yang disebabkan karena efek samping pemberian codein.

Baca Juga  Beberapa Kandungan Buah Kiwi Yang Sangat Bagus Bagi Kesehatan

Baca Juga : Cara Alami Mengatasi Anak Yang Sedang Batuk

Secara detail FDA (badan pengawas obat dan makanan) dari AS menyebutkan ada sekitar 64 kasus gangguan pernapasan yang disebabkan karena efek samping pemberian codein pada anak. Dari total angka tersebut terdapat 24 angka kematian.

Kondisi ini akan jauh lebih berat bagi seorang anak yang memang mempunyai riwayat gangguan pernapasan pada malam hari. Pemberian campuran obat codein dan asetaminofen biasanya sering kali diberikan kepada anak setelah menjalani sebuah operasi.

Baca Juga  Sering Membacakan Buku Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Kalau kita membahas tentang cara kerja obat codein ini, maka saat masuk dalam tubuh manusia akan berubah menjadi morfin. Proses perubahan ini dibantu oleh organ tubuh yang bernama liver. Dengan adanya morfin inilah bisa memberikan efek pereda nyeri. Namun kondisi ini bisa menjadi terlalu banyak atau terlalu sedikit. Hal ini bisa dipengaruhi genetik masing-masing.

Kalau ternyata setelah melalui proses dalam tubuh dan diubah menjadi morfin, jika jumlahnya sedikit maka obat ini menjadi kurang efektif. Namun jika ternyata setelah melalui proses, jumlah morfin yang dihasilkan terlalu banyak maka bisa menyebabkan pernapasan menjadi lambat.

Dengan munculnya efek samping ini, maka FDA memberikan rekomendasi kepada perusahaan farmasi untuk memberikan label obat keras dan tidak menyarankan untuk diberikan kepada anak meskipun setelah melakukan operasi pengangkatan amandel.
Mengingat akan efek samping obat codein ini, maka sebagai orang tua juga harus berhati-hati saat memberikan obat batuk kepada anak. Jangan suka untuk membeli obat batuk secara sembarangan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Sering Melakukan Oral Seks Akan Meningkatkan Resiko Kanker

Artikel Terkait : Bolehkah Obat Batuk Dewasa diberikan Kepada Anak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *