Bagaimana Sikap Orang Tua Yang Mendapati Anaknya Pacaran ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Memiliki seorang anak yang beranjak dewasa memang membuat sebagian besar orang tua ekstra waspada. Pasalnya sekarang ini sering kali kita mendengar pacaran anak mudah yang kelewatan batas. Terlebih bagi mereka yang mempunyai anak perempuan.

Banyak diantara anak muda kita yang sengaja berpacaran dengan orang dewasa dengan maksud tujuan yang lain, misalnya hanya ingin mendapatkan uang tambahan dari sang pacar. Ini menjadi fenomena yang sering terjadi belakangan ini.

sumber gambar : bisnis.com

Lantas bagaimana sikap orang tua jika mendapati anaknya ketahuan berpacaran ? Menyikapi hal yang demikian, sebaiknya orang tua tidak langsung memarahi anak. Jangan suka membebankan kesalahan murni berapa pada pihak anak.

Baca Juga  Apa Tanda Orang Tua Yang Mengalami Depresi ?

Apa yang seharusnya dilakukan oleh para orang tua ? Apabila mendapati seorang anak ketahuan berpacaran, maka sebaiknya orang tua mengajak anak untuk berkomunikasi lebih baik.

Baca Juga : Mulai Kapan Anak Perlu diberikan Pendidikan Tentang Seks 

Dengan melakukan komunikasi yang baik, maka respon anak juga akan cenderung baik. Anak akan mau bercerita dengan leluasa kepada orang tuanya tentang apa sebenarnya yang terjadi. Dengan begitu para orang tua bisa mengetahui kondisi yang dilakukan anak sebenarnya.

Baca Juga  Ternyata Warna Bola Mata Bisa Untuk Mendeteksi Resiko Penularan Penyakit

Seorang anak yang menginjak usia remaja memang kerap melakukan kegiatan pacaran. Hal ini adalah hal yang wajar karena memang masanya. Meskipun demikian, seorang orang tua bukan berarti membolehkan begitu saja. Anak harus diberi penjelasan tentang pacaran remaja yang wajar. Jangan sampai kegiatan pacaran merusak prestasi belajar mereka.

Yang tidak kalah penting adalah memberikan pendidikan seks yang aman dan benar kepada anak. Tak dipungkiri bahwa sekarang ini kasus hubungan seks diluar nikah banyak dilakukan oleh kalangan remaja dan dewasa muda. Dengan dibekali pendidikan seks yang benar, maka diharapkan anak mampu membatasi pacaran dan tidak sampai terjerumus pada hubungan seks.

Baca Juga  Berat Badan Yang Terlalu Gemuk Ataupun Yang Terlalu Kurus Dapat Mempengaruhi Kesuburan

Artikel Terkait : Cara Mendidik Anak Tentang Bahaya Pornografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *