Bagaimana Posisi Tidur Yang Dianjurkan Bagi Wanita Hamil ?

header niko 728 x 90

posisi tidur wanita hamil

InspirasiBersama.com – Jika kita berbicara tentang posisi tidur yang nyaman, setiap orang pasti mempunyai posisi tidur yang nyaman tergantung selera masing-masing. Misalnya saat kita melihat ada orang yang suka tidur dengan posisi tengkurap. Mungkin bagi kita yang melihat sepertinya terasa tidak nyaman, namun bagi mereka itu merupakan posisi tidur yang paling nyaman. Lantas bagaimana dengan posisi tidur bagi wanita yang hamil yang disarankan ?

Bagi anda yang sedang hamil, para pakar kesehatan menyarankan untuk tidak tidur dengan posisi menghadap ke kanan atau dengan menggunakan lengan kanan sebagai bantal. Bagi wanita hamil memang sulit menentukan posisi tidur yang nyaman apalagi jika usia kehamilan sudah tua maka wanita akan mengalami tidur lebih susah.

Baca Juga  Cara Mengetahui Pasangan Yang Kapok Selingkuh

Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan di University of Auckland mengatakan bahwa wanita hamil yang sering tidur dengan menghadap ke kanan maka meningkatkan resiko keguguran atau kelahiran mati pada usia kehamilan setelah 20 minggu.

Para peneliti mengatakan saat wanita hamil tidur dengan posisi menghadap ke kanan maka akan membuat aliran darah dari ibu ke janin menjadi terhambat sehingga berbahaya bagi kesehatan janin. Namun para peneliti tidak menemukan dampak yang serius tidur dengan menghadap ke kanan bagi mereka yang tidak hamil. Artinya tidur menghadap ke arah kanan bagi

Baca Juga  Hamil di Usia 40-an Beresiko Bagi Kesehatan

Bagi anda yang mengalami gangguan tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, maka tidur dengan posisi menghadap ke kanan sangat bermanfaat. Hal ini dikarenakan letak jantung yang berada pada bagian kiri dada akan mempunyai ruang yang lebih sedikit. Sehingga hal ini berdampak pada menurunkan tekanan darah dan membuat detak jantung menjadi lambat.

Selain beberapa manfaat diatas, tidur dengan posisi menghadap ke kanan juga sangat bagus bagi kesehatan otak, sistem saraf dan tulang belakang. Bahkan berdasarkan sebuah hasil penelitian yang berasal dari Stony Brook University, Amerika mengatakan tidur dengan posisi menghadap ke kanan sangat bagus dalam mencegah penyakit Alzheimer dan penyakit saraf lainnya.

Baca Juga  Cara Mengatasi Nyeri Punggung Yang Muncul Saat Haid

 

Artikel Terkait : Dampak Negatif Minum Alkohol Bagi Wanita Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *