Bagaimana Pola Minum Yang Benar Menurut Kesehatan ?

header niko 728 x 90

pola minum yang benar

InspirasiBersama.com – Bagaimana pola minum yang benar menurut kesehatan ?. Saat kita berbicara tentang pola minum yang benar, maka pasti kita akan menganggap cukup dengan minum air sebanyak delapan gelas perhari sudah cukup. Padahal pola minum yang benar menurut kesehatan tidak sesederhana itu.

Banyaknya orang yang masih kurang tahu tentang bagaimana pola minum yang benar, membuat artikel ini kami tulis. Ada banyak kesalahan yang banyak dilakukan orang yang berhubungan dengan pola minum, diantaranya :

 

1. Minum hanya saat berolahraga
Kesalahan banyak orang yang pertama tentang pola minum yang benar adalah hanya minum saat olahraga. Padahal yang tidak kalah pentingnya saat kita mau melakukan olahraga adalah minum air yang cukup. Oleh karena itu tidak sedikit kita mendengar orang yang setelah melakukan olahraga merasa kepala pusing dan kurang cairan padahal sudah minum beberapa kali saat latihan.

Kondisi seperti itu lebih disebabkan karena saat sebelum melakukan olahraga tubuh kita sebenarnya dehidrasi dan membutuhkan banyak cairan. Oleh karena itu banyak mengeluhkan tidak nyaman setelah berolahraga meskipun sudah minum cukup. Untuk itu sangat disarankan untuk setidaknya minum air putih sebanyak empat gelas sebelum kita melakukan olahraga.

Baca Juga  Benarkah Obesitas Bisa Menyebabkan Penurunan Daya Ingat ?

 

2. Memaksa diri minum delapan gelas perhari
Banyak orang yang manganggap bahwa kebutuhan minum kita sehari harus minum delapan gelas perhari. Dengan demikian sering kita melihat seseorang memaksakan diri untuk minum air sebanyak delapan gelas sehari. Padahal menurut pendapat Institute of Medicine yang berada di Amerika Serikat menyatakan bahwa kebutuhan cairan setiap orang berbeda disesuaikan dengan ukuran tubuh, aktivitas, dan jenis makanan yang kita konsumsi.

Ini artinya bagi anda yang sudah banyak makan-makanan yang banyak mengandung air, maka secara tidak langsung anda tidak membutuhkan lagi minum banyak. Hal ini berbeda bagi mereka yang suka konsumsi makanan yang tergolong kering. Selain itu bagi anda yang aktivitas fisiknya tinggi, maka membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang sedikit aktivitas fisik. Jadi minum delapan gelas perhari bukan patokan yang pasti.

 

3. Anti kopi dan teh
Pola minum yang benar menurut kesehatan berikutnya adalah tentang anggapan anti minum kopi dan teh. Tahukah kita bahwa anggapan bahwa dengan minum kopi da teh bisa membuat tubuh dehidrasi menurut seorang pakar diet dari New York yang bernama Lisa Cashman, RD adalah sebuah mitos saja.

Baca Juga  Tindakan Segera Yang Harus dilakukan Saat Terjadi Serangan Jantung

Memang benar kandungan kafein yang terkandung dalam minuman teh dan kopi menyebabkan duretik atau banyak buang air kecil. Namun dalam kopi dan teh juga banyak mengandung cairan yang bisa bermanfaat merehidrasi tubuh saat kita haus. Namun tetap disarankan tidak terlalu banyak mengkonsumsi kopi dan teh. Lakukan maksimal 2 cangkir kopi atau teh perhari saja.

Baca Juga : Tanda Kalau Kita Terlalu Banyak Minum Kopi

 

4. Hanya minum saat haus
Kesalahan banyak orang berikutnya tentang pola minum yang benar menurut kesehatan adalah hanya minum saat merasa haus saja. Hal ini tidak disalahkan karena memang sinyal haus menjadi pertanda alami tubuh kita membutuhkan banyak asupan cairan. Apalagi bagi anda yang banyak melakukan aktivitas fisik, maka harus minum lebih banyak lagi.

Meskipun demikian, bukan berarti saat kita tidak merasa haus tidak disarankan untuk minum. Misalnya saat kita duduk depan komputer dan dalam ruangan ber AC kita juga dituntut untuk minum air yang cukup meskipun kita merasa tidak haus. Hal ini sangat penting untuk menjaga tubuh kita tidak dehidrasi yang menyebabkan masalah batu ginjal dan infeksi kandung kemih.

Baca Juga  Manfaat Rajin Berolahraga Bagi Wanita Hamil

 

5.Tidur tanpa didampingi air minum
Kesalahan banyak orang tentang pola minum yang benar menurut kesehatan terakhir adalah tidur tanpa didampingi air minum. Banyak orang yang hanya melakukan minum sebelum tidur dan tidak segera minum air setelah bangun tidur. Padahal kebiasaan sepele ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Untuk membiasakan minum air setelah bangun tidur, maka disarankan untuk menyediakan air minum disamping tempat tidur agar kita selalu ingat saat bangun tidur. Dengan minum cukup setelah bangun tidur maka akan membuat kita banyak mengeluarkan air kencing yang menjadi detoksifikasi tubuh secara alami.

Artikel Terkait : Jika Sering Nyeri Pinggang, Coba Minum Air Putih Banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *