Bagaimana Caranya Agar Tidak Sakit Saat Liburan ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi semua orang tentunya tidak menginginkan sakit pada saat liburan. Namun hal itu terkadang bisa kita alami saat kita melakukan liburan yang menyenangkan dengan keluarga yang kita sayangi. Tentu hal ini akan sangat mengganggu momen bahagia saat berlibur. Lantas bagaimana caranya agar tidak sakit saat liburan ?

Saat seseorang melakukan liburan memang akan banyak menyita waktu dan tenaga sehingga terasa sangat melelahkan. Meskipun demikian kita akan merasakan kesenangan tersendiri yang tidak bisa tergantikan. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat selama berlibur, maka kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

sakit-saat-berlibur

sumber gambar : pekanbaru.tribunnews.com

1. Menjaga keseimbangan makan

Cara pertama yang harus kita lakukan agar terhindar dari sakit saat liburan adalah dengan cara menjaga keseimbangan makan. Kita harus menyesuaikan asupan gizi yang disesuaikan dengan aktivitas yang tinggi saat liburan. Dengan gizi yang tercukupi, maka tubuh kita akan tetap sehat dan bugar.

Baca Juga  Bagaimana Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami ?

Yang perlu diperhatikan juga saat kita liburan adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi kalori. Kebanyakan orang saat liburan tidak memperhatikan asupan yang penting bersenang-senang dengan mengkonsumsi sembarangan makanan yang dijumpai.

2. Olahraga itu penting

Cara kedua untuk menjaga tubuh kita tetap bugar dan sehat selama berlibur adalah dengan cara tetap melakukan olahraga. Selama kita berlibur penting juga untuk melakukan olahraga, misalnya saat kita bermalam di hotel paginya kita melakukan jalan kaki ringan. Selain itu bisa juga dengan cara berenang saat berlibur.

3. Sesuaikan busana dengan cuaca

Sering kali orang yang menderita sakit saat berlibur disebabkan karena merasa suhu lingkungan terlalu dingin atau panas. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan busana yang disesuaikan dengan cuaca tujuan tempat berlibur. Misalnya saja kalau tujuan tempat berlibur kita di daerah pegunungan, maka sangat disarankan untuk menggunakan busana yang panjang dan tebal agar terhindar dari suhu dingin.

Baca Juga  Benarkah Suka Makan Sate Gosong Bisa Memicu Kanker ?

4. Ketahui batas fisik dan lingkungan tempat berlibur

Yang dimaksud disini adalah tidak memaksakan diri jika memang tubuh anda tidak kuat untuk naik gunung misalnya, ya jangan dipaksa untuk berlibur naik gunung. Jika anda tetap memaksakan maka akan menyebabkan gangguan kesehatan saat berlibur atau pasca liburan. Pilihlah tempat berlibur yang sesuai dengan kondisi fisik tubuh anda. Contoh lain adalah melakukan berenang dipantai, kalau anda merasa tidak kuat maka jangan dipaksakan karena berenang di pantai atau laut bebannya lebih berat dibandingkan dengan berenang di kolam renang.

Baca Juga  Waspada Terhadap Anak Yang Mempunyai Sifat Terlalu Pemalu

5. Tunjang dengan vitamin

Cara yang terakhir untuk mencegah terjadinya sakit saat berlibur adalah dengan cara menunjang dengan mengkonsumsi suplemen vitamin. Anda dibolehkan mengkonsumsi suplemen vitamin daya tahan tubuh, misalnya vit C untuk menjaga agar tubuh tetap vit dan terhindar dari sakit.

Artikel Terkait : Cara Meningkatkan Stamina Yang Efektif

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *