Bagaimana Caranya Agar Ingatan Tetap Tajam ?

header niko 728 x 90

Girl reading book outdoors

InspirasiBersama.com – Bagi yang berusia menginjak 40 tahun ke atas pasti mengalami penurunan fungsi otak terutama ingatan. Otak menjadi salah satu oragan yang paling penting bagi tubuh kita. Otak mempunyai fungsi yang vital sebagai kendali semua organ tubuh. Bagaimana caranya agar ingatan tetap tajam ?

Berikut beberapa cara meningkatkan daya ingat agar tetap tajam :
1. Aktivitas fisik
Berdasarkan sebuah hasil penelitian mengatakan bahwa dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur akan mampu melindungi sel-sel otak manusia. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Paul B Rosenberg yang merupakan profesor psikiatri dan ilmu perilaku dari Amerika.

Aktivitas fisik apa yang sangat dianjurkan ?. Jawabnya adalah aerobik. Hasil penelitian menyebutkan bahwa aktivitas fisik berupa aerobik yang dilakukan rutin setiap hari lebih baik dari pada aktivitas non fisik. Anda bisa melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari.

Baca Juga  Hati-hati Penularan Virus Hepatitis A di Sekitar Kita

2. Mengonsumsi minyak zaitun
Pernahkah kita mendengar tentang diet mediterania ?. Diet yang satu ini sangat bagus bagi kesehatan jantung dan otak. Berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum satu sendok minyak zaitun setiap hari akan membuat kecepatan berpikir kita menjadi meningkat.

3. Konsumsi ikan
Kandungan omega-3 yang tinggi pada ikan membuat ikan sangat bagus bagi kesehatan otak manusia. Lakukan konsumsi ikan paling tidak dua kali seminggu. Dengan konsumsi rutin ikan, maka akan meningkatkan struktur otak dan mampu mengurangi penurunan fungsi otak.

Baca Juga  Manfaat Rutin Mengkonsumsi Jus Kubis Campur Lemon Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

4. Sering membaca dan menulis
Bagi mereka yang sering melakukan membaca dan menulis akan memiliki ingatan yang lebih baik dari pada yang tidak suka membaca dan menulis.

5. Mengurangi minuman keras
Berdasarkan sebuah penelitian, sering konsumsi minuman kerasa akan membuat fungsi otak kita menjadi menurun. Bahkan mereka yang sering minum alkohol akan kesulitan mengingat hal-hal selama enam tahun yang lalu.

6. Mengontrol gula darah
Berdasarkan sebuah data penelitian yang dirilis oleh Annals of Internal Medicine menyatakan bahwa mereka yang mengalmi gula darah tinggi akan menurunkan fungsi kognitif otak. Hal ini juga dijumpai bagi mereka yang mengalami pra-diabetik.

Baca Juga  Belajar Bisnis Online di Payakumbuh

7. Tetap sibuk
Hasil penelitian menyebutkan bahwa mereka yang tetap sibuk dengan aktifitas sosial dan aktif bergaul, akan memiliki fungsi kognitif yang masih bagus meskipun usia sudah tua. Berbeda dengan mereka yang kurang banyak bergaul dan jarang interaksi sosial.

 

Artikel Terkait : Sering Mencium Aroma Rosemary Ternyata Mampu Meningkatkan Daya Ingat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *